Halloween party ideas 2015


Halo semuanya, nasılsınız iyi misiniz? Pada kesempatan kali ini kangdidik.com akan berbagi info tentang beasiswa turki 2021. Adapun pendaftaran beasiswa turki 2021 ini bakalan dibuka sebentar lagi ya, pada bulan Januari 2021.
Beasiswa Turki 2021 Tentang Persyaratan dan Pendaftaran

Jadi bagi teman-teman yang minat untuk melanjutkan studi di Turki, ayo jangan ragu untuk mendaftarkan dan tentu saja teman-teman harus mempersiapkan persyaratan dan kelengkapan pendaftaran beasiswa secara apik agar bisa diterima.

Apa Itu beasiswa turki 2021 burslari

 Beasiswa Turki  atau Turkiye Burlsari ini adalah beasiswa dari pemerintah Turki yang dibuka pada setiap tahunnya. Adapaun Türkiye Scholarships ini termasuk beasiswa penuh bagi pelamar internasional selain penduduk Turki, untuk melanjutkan kuliah S1, S2, S3 dan pasca S3 di universitas-universitas di Turki. Sudah banyak sekali mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini, dan juga sekarang sedang melanjutkan studi dengan beasiswa Turki ini, termasuk kangdidik.com.

Kabar baiknya, Beasiswa ini tersedia untuk beragam jurusan dan bidang studi yang artinya kalian bisa mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan beasiswa ini. Dan yang menarik lagi adalah beasiswa ini penuh mulai untuk tempat tinggal, biaya studi, asuransi dan uang saku.

Pendaftaran Beasiswa Turki Burslari 2021 untuk Kuliah S1, S2, S3 dan Post Doktoral

Perlu diketahui bahwa jika kalian ingin melamar beasiswa ini, maka anda hanya akan melamar melalui alur penjaringan yang ada di web www.turkiyeburslari.gov.tr dan artinya kalian tidak perlu melamar pada universitas yang hendak kalian pilih.

Ingat, penerimaan beasiswa ini hanya melalui aplikasi online dan tidak melalui individu atau email. Jadi segala alur beasiswa dan informasi terkait beasiswa bisa ditemukan melalui aplikasi online ketika sudah dibuka pendaftaran.

Cakupan Beasiswa Turki 2021

Ada banyak sekali biaya yang dicakup oleh beasiswa Turki burslari ini. Di antaranya adalah:

  • Biaya perkuliahan hingga lulus studi, baik spp ataupun biaya matrikulasi yang dibutuhkan selama studi.
  • Tunjangan per bulan dengan nilai 700 TL (± Rp 1,8juta) untuk mahasiswa S1, 950 TL (± Rp 2,5juta) untuk mahasiswa S2, 1400 TL (± Rp 3,7juta) untuk mahasiswa S3, dan 2000 TL (± Rp 5 juta) untuk penelitian atau pasca doktoral.
  • Akomodasi/Tempat tinggal berupa asrama atau uang tambahan untuk sewa rumah (400 TL).
  • Asuransi kesehatan yang bisa digunakan untuk biaya rumah sakit atau berobat.
  • Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki hingga kota tujuan) pada awal dan akhir masa studi.
  • Gratis kursus bahasa Turki (TOMER) selama satu tahun dengan ditambah kursus bahasa Turki akademik untuk tahun pertama.
Catatan: Menurut presiden YTB atau Turkiye Burslari ini, mulai Februari 2021 beasiswa akan dinaikkan.

Proses Perkuliahan

Bagaimana dengan proses perkuliahannya? Hampir sama dengan proses perkuliahan di Indonesia tentang sistem kredit dan pembelajarannya. Namun perbedaannya adalah pada bahasa pengantar. Kebanyakan perkuliahan menggunakan bahasa Turki. 

Meskipun demikian  ada juga program studi yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Perancis, atau Arab. Misalnya di bidang tafsir ada dosen yang memberikan kuliah dengan bahasa Arab.

Namun pada saat melamar beasiswa teman-teman akan mengetahui bahasa pengantar apa yang akan digunakan di kampus kelak. Jika ada bahasa pengantar non Turki maka akan diminta melampirkan sertifikat bahasa terkait.

Untuk s1 biasanya akan full selama Senin sampai Jumat dari pagi hingga petang. Untuk s2 dan s3 proses perkuliahan lebih singkat dan biasanya hanya 1 atau 2 hari selama satu minggu. Untuk s2 setelah mengikuti dua semester perkuliahan lalu membuat tulisan seminar dan jika lulus bisa langsung menulis tesis. Untuk s3, sama seperti s2 namun setelah lulus seminar harus mengikuti ujian komprehensif. Setelah lulus baru bisa menulis disertasi. Untuk s1 tidak ada skripsi, namun bisa jadi tiap kampus berbeda dalam memberikan tugas tulisan.

 Persyaratan Beasiswa Turki 2021


  • Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang sebelumnya merupakan warganegara Turki tidak dapat mendaftar).
  • Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar.
  • Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat, S1 atau S2 sebelum September 2021. Untuk pelamar kelas 12 SMA/SMK/Sederajat, atau mahasiswa yang akan lulus sebelum September 2021 juga bisa mendaftar.
  • Berusia maksimal 21 tahun untuk pelamar program S1, maksimal 30 tahun untuk pelamar program S2, dan maksimal 35 tahun untuk pelamar program S3.
  • Nilai akademik minimum 70% untuk pelamar beasiswa S1, minimum 75% untuk pelamar beasiswa S2 dan S3, serta minimum 90% untuk pelamar Program Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.
  • Pelamar tidak diharuskan dapat berbahasa Turki, karena para penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis sebelum masa perkuliahan.

Persyaratan Berkas dan Dokumen Beasiswa Turki 2021

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor yang masih berlaku. Menurut beberapa sumber katanya lebih bagus memakai paspor. Namun saya dulu pas waktu mendaftar menggunakan KTP.
  • Pasfoto terbaru dengan foto biometrik. Ingat ya pakai foto biometrik. Kalau tidak tahu foto biometrik bilang saja ke tukang foto untuk minta foto biometrik. Biasanya buat haji atau umroh.
  • Transkrip Nilai/Rapor semester 1 s/d semester terakhir yang diterima dan telah dilegalisir oleh pihak sekolah atau universitas asal.
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus sementara kalau ijazahnya belum keluar. Sama seperti saya dulu menggunakan surat keterangan lulus sementara.
  • Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dll) jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih.
  • Nilai hasil ujian bahasa TOEFL/IELTS (jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih).
  • Proposal penelitian dan contoh karya tulis/jurnal (hanya untuk pelamar program PhD).
  • Surat Rekomendasi dalam bahasa Inggris dari kepala sekolah/guru/pejabat/dosen/petinggi instansi. Bisa melampirkan 1-3 surat.
  • Scan piagam/sertifikat/project/volunteer yang pernah diikuti. Tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, karena ada kolom deskripsi.
  • Letter of Intents, yaitu Motivation Letter dengan format tanya jawab (maksimal 3000 karakter per pertanyaan) mengenai alasan belajar ke Turki, mengapa memilih bidang studi tersebut, rencana karir setelah lulus, dsb.
  • Pilihan universitas dan jurusan (maksimal 12 pilihan). Sebaiknya fokus pada satu jurusan.

Catatan Penting:

  1. Beberapa jurusan/program studi mungkin akan memberikan persyaratan dan berkas dokumen tambahan (misal: skor TOEFL/IELTS, SAT, dsb). Pastikan anda memenuhi persyaratan dan dokumen yang diminta oleh program studi yang anda lamar. Cara melihat persyaratan dari masing-masing jurusan/program studi, bisa dengan mengunjungi link “Program Search” di atas. Biasanya jika anda memilih program studi yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, akan diminta skor TOEFL/IELTS, tetapi jika memilih program studi yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Turki, tidak akan diminta skor TOEFL/IELTS.
  2. Berkas dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah (lihat informasi mengenai Jasa Penerjemah Tersumpah).


Cara Mendaftar Beasiswa Turki 2021 dan Alur Pendaftaran

Pendaftaran Beasiswa Turki 2021 dapat dilakukan secara online pada website resminya: www.turkiyeburslari.gov.tr. Kemudian klik tulisan “APPLY”. Pelamar akan masuk pada halaman tbbs.turkiyeburslari.gov.tr. Klik tulisan Register untuk membuat akun baru, masukkan email dan password yang akan digunakan saat login. Cek e-mail untuk konfirmasi link aktivasi akun.
Beasiswa Turki 2021 Tentang Alur Pendaftaran
Untuk mengisi formulir pendaftaran beasiswa, pelamar dapat kembali pada website tbbs.turkiyeburslari.gov.tr, dan memasukkan e-mail dan password yang tadi sudah didaftarkan. Isi formulir sesuai dengan data-data yang diminta. Jangan lupa seluruh dokumen yang akan diupload, harus sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki.

Pendaftaran baru akan dibuka pada tanggal 10 JANUARI 2021. (Updates! Menurut jadwal terbaru dari website resmi YTB, pendaftaran akan dibuka pada tangggal 15 Januari 2021) Batas waktu pendaftaran Beasiswa Turki sampai dengan 20 FEBRUARI 2021. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi wawancara yang akan diinformasikan melalui email yang sudah didaftarkan. Periode wawancara antara bulan Maret s/d Juni 2021. Pengumuman akhir penerima beasiswa dilaksanakan pada Juli 2021. Studi di Turki akan dimulai September 2021.

Kalau ada masalah dalam pendaftaran silahkan hubungi kontak YTB melalui telefon atau email berikut:
Call Center: +90 850 455 0 982
E-mail: info@turkiyeburslari.gov.tr
Sumber Informasi Resmi: www.turkiyeburslari.gov.tr.

[youtube src="DNBDjeql5dQ"/]


Powered by Blogger.