Halloween party ideas 2015


Halo semuanya, kali ini saya akan mengulas tentang cara menyapa atau kata sapaan dalam bahasa Turki. Kalimat atau rangkaian kata sapa ini merupakan kata-kata yang sering diucapkan atau sering didengar di lingkungan orang-orang Turki. Bagi sobat yang sedang belajar bahasa Turki, penting untuk memulai belajar dengan kata-kata sapa berikut.


Merhaba = Hallo

Kata ini adalah kata formal, biasa diucapkan kepada orang yang belum kenal atau di tempat-tempat formal seperti kantor, sekolah, dan juga kepada orang-orang yang kita hormati seperti guru atau bos.

Selamün aleyküm = assalamualaikum

Karena masyarakat Turki mayoritas adalah muslim, maka anda bisa mengucapkan kata salam seperti biasa assalamualaikum. Namun mereka mengucapkannya dengan Selamün aleyküm, cara bacanya pun sama. Hanya sedikit penekanan pada huruf u.

Berikut ini adalah video yang menjelaskan tentang cara menyapa atau kata sapaan dalam bahasa Turki.

İyi Günaydın = selamat pagi

Kata ini dibaca iyi gunayden. Biasa diucapkan untuk arti selamat pagi atau juga bisa menggunakan kata iyi sabahlar.

İyi Günler = Semoga harimu menyenangkan

Biasa digunakan untuk mengucapkan selamat siang atau ucapan selamat pada siang hari. Bisa digunakan untuk menyapa pada siang hari.

iyi akşamlar = selamat sore

Kata ini digunakan untuk menyapa orang pada sore hari. Biasaya kalau ketemu tetangga atau orang yang kita kenal kita biasa mengucapkan kata ini. Juga pada orang yang belum kita kenal pun saat membeli sesuatu di toko misalnya, untuk berpisah kita bisa mengucapkannya pada penjual.

iyi geceler = selamat malam

Digunakan sebagai ucapan selamat malam untuk waktu hendak istirahat malam. Waktu untuk mengucapkannya adalah pada saat sudah malam mendekati larut malam sekitar jam 10 an ke atas.

Nasılsın / nasılsınız = bagaimana kabarmu?

kata yang biasa digunakan untuk menanyakan kabar kepada siapapun. Dalam bentuk formal menggunakan nasılsınız.

Ingat kalau anda ditanya kabar maka anda harus menanyakan balik kabar kepada orang yang bertanya. Ini sudah menjadi adat dan kebiasaan baik di Turki.

Görüşürüz / hoşçakal / güle-güle

Merupakan kata-kata untuk mengucapkan selamat tinggal atau sampai jumpa lagi.

Berikut ini adalah video tentang cara menyapa atau kata sapaan dalam bahasa Turki.
[youtube src="OohR6lwDXr0"/]

Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.


Powered by Blogger.