Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Makanan Yang Bisa Membuat Ngantuk Dan Tertidur Pulas

Sulit Mengantuk dan Tidur

Apakah Anda punya keluhan sulit tidur dan sulit mengantuk? Padahal jam sudah menunjukkan pukul malam yang larut, tetapi tanda-tanda mau tidur seakan tak kunjung datang.

Sudah mencoba merebahkan diri dan menutup telinga dengan bantal, tetapi tetap saja sulit tidur dan tidak mengantuk.

Untuk mengatasi masalah sulit tidur ini, anda bisa mencoba makan makanan pembuat  ngantuk.  Dalam beberapa makanan, ada zat yang membantu Anda bisa tidur lebih nyenyak sehingga istirahat anda lebih berkualitas.

Makanan Yang Bisa Membuat Ngantuk 

Cobalah makan hal-hal berikut untuk membantu Anda mengantuk dan tertidur.

1. Susu

Segelas susu, kubus keju atau semangkuk yogurt, semuanya membantu Anda tertidur. Kombinasi kalsium dan triptofan yang ditemukan dalam susu membantu produksi melatonin.

Melatonin adalah zat yang bisa membuat Anda mengantuk. Jadi itu sebabnya banyak orang tua yang memberi anaknya segelas susu hangat ketika anaknya tidak bisa tidur!

2. Hummus

Spread modis ini tidak hanya bagus untuk mencelupkan potongan mentimun, tetapi juga bagus untuk membuat Anda mengantuk. Hummus terbuat dari buncis, yang, seperti susu, mengandung triptofan.

Ini membantu tubuh Anda tertidur. Jadi setiap alasan memiliki camilan hummus yang enak di malam hari.
Tak bisa tidur malam

3. Almond

Camilan lain yang membantu melawan sulit tidur adalah kacang almond. Kacang almon mengandung magnesium, yang meningkatkan kualitas tidur Anda.

Ketika Anda memiliki kekurangan magnesium, sulit untuk tertidur di malam hari. Menambah kadar magnesium Anda dengan mengonsumsi almond bisa menjadi langkah ke arah yang benar. Jadi, makanlah sedikit kacang almond sebelum tidur.

4. Kenari

Kacang lain yang membantu masalah tidur Anda adalah kacang kenari. Sama seperti banyak makanan lain dalam daftar ini, kenari mengandung triptofan.

Selain itu, kenari sendiri mengandung sejenis melatonin. Jadi Anda mendapatkan efek ganda dengan kacang kenari: mengandung dan meningkatkan zat yang membuat Anda mengantuk.

Jadi, pecahkan beberapa kacang kenari dan makanlah sebagai camilan atau masukkan ke dalam makan malam Anda.

5. Selada

Berbicara tentang makan malam, mengapa tidak makan salad segar malam ini? Jadikan sebagai hidangan utama atau hanya sebagai lauk ketika Anda membuat hidangan pasta yang enak.

Selada membantu Anda mengantuk karena mengandung zat yang membuat Anda tenang. Ini akan membantu Anda tertidur. Jadi cobalah makan lebih banyak selada dengan atau di sebelah makan malam Anda.

6. Kerang

Kerang, terutama lobster dan udang, mengandung triptofan: zat yang membuat Anda mengantuk. Ketika Anda tidak bisa makan lebih banyak selada saat makan malam, cobalah makan kerang.

7. Kangkung atau bayam

Apakah Anda suka kangkung atau bayam? Maka Anda beruntung! Kedua sayuran mengandung kalsium, yang membantu produksi zat-zat dalam tubuh Anda yang membuat Anda tertidur.

Anda tentu saja dapat menggunakan sayuran ini dalam makanan Anda, tetapi Anda juga bisa memasukkannya ke dalam smoothie. Minuman ideal untuk dinikmati ketika Anda duduk di sofa setelah hari yang panjang.

Minuman pembuat ngantuk

1. Teh camomile

Minuman lain yang bisa Anda coba di malam hari untuk tertidur adalah teh camomile. Teh herbal ini membuat Anda tenang dan mengendurkan otot-otot Anda.

Selain itu, teh ini juga baik untuk perut, perut, dan tenggorokan Anda. Ini adalah situasi menang-menang ketika Anda menyukai teh.

2. Teh markisa

Untuk menjaga agar getaran teh tetap berjalan, Anda juga bisa minum teh markisa alih-alih teh camomile. Yang terbaik adalah minum teh ini satu jam sebelum tidur.

Teh markisa mengandung zat yang mempengaruhi saraf Anda dan membuat Anda lelah. Itu sebabnya tidak selalu bijaksana untuk minum teh ini di siang hari. Namun, sebagai minuman malam hari, hotel ini sempurna untuk istirahat malam yang nyenyak.

3. Jus ceri

Minuman yang mungkin tidak langsung Anda pilih, tetapi minuman yang membantu Anda tertidur lebih cepat adalah jus ceri.

Jus ceri meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh Anda, yang membuatnya lebih mudah tertidur. Jadi cobalah segelas jus ceri yang bagus sebelum tidur ketika Anda tidak bisa tidur.

Itulah informasi tentang makanan membuat ngantuk dan juga minuman yang membuat mengantuk. Semoga bermanfaat.