Halloween party ideas 2015


Turki dalam beberapa tahun terakhir ini telah menjadi negara yang menjadi pilihan banyak mahasiswa asing sebagai tempat menempuh studi. Hal ini dikarenakan salah satunya karena Turki menggelontorkan banyak beasiswa gratis penuh selama studi. Tak hanya itu, ternyata mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah di Turki secara mandiri ternyata juga banyak.
Istanbul University via pixabay.com

Kali ini kangdidik.com akan mengulas mengapa memilih kuliah di Turki? Atau alasan mengapa harus memilih Turki sebagai tempat untuk studi.

Secara umum, Turki memang menjadi tujuan populer untuk mahasiswa asing untuk melanjutkan kuliah. Hal ini karena beberapa kampus di Turki memang memiliki rating bergengsi dan menjadi kampus favorit mahasiswa internasional.

Namun demikian, ada beberapa poin bagus yang bisa anda gunakan sebagai alasan mengapa anda harus kuliah di Turki.

1. Turki sangat kaya dengan Budaya dan Termasuk Daerah multikultural

Turki secara harfiah adalah jembatan antara Timur dan Barat, dan beberapa daratannya membentang di daratan Eropa dan Asia. Begitu pula Turki memiliki jarak yang dekat dengan Afrika dan Rusia. Hal inilah yang menjadikan Turki sebagai tempat meleburnya budaya di mana orang-orang dari semua budaya dan agama dapat merasa nyaman.

Menurut sumber ada lebih dari 30.000 siswa internasional datang ke Turki untuk belajar, dengan semakin banyaknya mahasiswa yang berasal dari Eropa, Afrika, Amerika Serikat, dan Asia.

2. Masyarakat Turki sangatlah Ramah

Orang-orang Turki banyak dikenal karena kehangatan dan keramahan mereka kepada siapapun, terutama orang asing. Bisa jadi kalau anda sudah dikenal masyarakat sekitar maka anda akan segera diajak acara, minum çay (teh) atau diberi makanan oleh tetangga anda.

Ada juga orang Turki yang senang bertemu dengan pengunjung asing bertanya tentang kultur budaya asal mereka. Bahkan kalau mereka tahu kita orang Indonesia maka bisa jadi mereka akan sangat senang dan mengatakan kalau kita adalah saudara yang berada di tempat yang jauh.

3. Turki Juga Kaya Akan Alam Yang Indah

Turki memiliki lebih dari 5.000 mil dari garis pantai dan dikelilingi oleh perairan empat laut yang sangat berbeda, Mediterania di selatan, Aegean di barat, Laut Hitam di utara dan Laut Marmara kecil di Istanbul.

Adapun pegunungan Kaçkar di timur laut adalah surga bagi pejalan kaki yang dihiasi dengan lembah-lembah menarik dengan pemandangan indah, dan margasatwa langka.

Di Capadokia misalnya ada pemandangan alam berupa gunung peri yang indah yang sangat bagus untuk dijadikan spot berfoto ria.

4 Turki Memiliki kota-kota Indah dan menyenangkan

Dengan 12 juta penduduk, Istanbul adalah salah satu kota terbesar di dunia dan satu-satunya kota di Turki, bahkan di dunia yang menjangkau dua benua. Yaitu benua Eropa dan Asia.

Istanbul yang legendaris ini dikelilingi oleh perairan selat Bosphorus dan Laut Marmara dan merupakan pusat budaya dengan landmark yang menakjubkan seperti Masjid Biru dan Hagia Sophia.

Adapun kota yang terletak di dataran tinggi di bukit berbatu dan berada di tengah-tengah Anatolia adalah Ankara, ibu kota modern Turki dengan kotanya yang bersejarah.

Juga di daerah pelabuhan Izmir, di pantai Aegean yang berkilauan, memiliki pemandangan menakjubkan dengan dikelilingi oleh kebun zaitun dan kebun anggur. Disana juga dekat dengan Efesus dengan reruntuhan Romawi yang mengesankan.

5. Memiliki sejarah yang kaya

Turki bisa disebut sebagai museum sejarah terbuka, penuh dengan situs kuno dan reruntuhan dari peninggalan masa-masa terdahulu yang menjadi bukti banyaknya peradaban yang muncul atau berkembang di sini, termasuk Yunani, Romawi, Bizantium, dan Ottoman.

Di sini Anda akan menemukan pemukiman Neolitikum yang paling terpelihara dengan baik dan menjadi warisan sejarah bernilai di dunia di Çatalhöyük, juga ada kota Troy yang terkenal dan patung-patung dewa-dewa Yunani dan Persia di Gunung Nemrut. Unesco memberi gelar tempat itu sebagai keajaiban ke-8 di dunia.

6. Makanannya lezat dan Pastinya Halal

Sebagai orang muslim, yang menjadikan tempat tinggal kita betah adalah banyaknya makanan lezat dan halal bukan. Di Turki karena mayoritas masyarakatnya adalah muslim tentu saja menjadikan makanan yang beredar di Turki kebanyakan adalah makanan yang halal.

Beberapa makanan di Turki memang tidak sesuai dengan selera lidah orang Indonesia, namun ada cukup banyak makanan yang lezat dan sangat nikmat.

Dari kue-kue gurih dan kebab yang disajikan di jalan-jalan Istanbul hingga ikan segar, jagung bakar, dan kerang isi yang dijual di pantai, masakan Turki adalah perpaduan yang menggiurkan dan penyempurnaan hidangan Asia Tengah, Timur Tengah, Mediterania, Kaukasia, dan Balkan.

Bagi anda yang memiliki gaya hidup sehat, maka anda bisa mengonsumsi buah zaitun dan keju untuk sarapan, minum yoghurt setiap kali makan, dan menyeruput banyak sekali teh Turki.

7. Iklimnya Super Bagus

Istanbul dan Izmir menikmati musim panas yang panas dan kering serta musim dingin yang sejuk dan basah. Ankara memiliki musim panas yang kering dan panas serta musim dingin bersalju.

Bagi anda yang menginginkan kuliah di daerah yang bersalju untuk sensasi dan pengalaman di musim dingin, maka anda bisa memilih Turki. Karena salju di Turki misalnya di daerah anatolia bisa turun dengan lebatnya di bulan Desember dan Januari.

8. Memiliki standar pendidikan yang tinggi

Turki adalah salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, yang mencerminkan ambisinya untuk bersaing di pasar global untuk mahasiswa internasional.

Gelar yang diberikan oleh universitas Turki diakui di seluruh dunia dan semakin banyak program diajarkan dalam bahasa Inggris, terutama di bidang-bidang seperti teknik, hubungan internasional dan bisnis. Banyak universitas Turki memiliki kampus-kampus modern dan fasilitas canggih.

9. Bisa Dibilang Biaya Hidup Cukup Terjangkau

Biaya kuliah dan biaya hidup bisa dibilang lebih rendah di Turki daripada di sebagian besar negara Eropa atau Amerika namun kualitas pendidikan masih tinggi. Ada juga beasiswa yang tersedia yang tidak hanya mencakup biaya kuliah tetapi juga akomodasi, asuransi, dan biaya perjalanan.

Namun untuk memastikan soal biaya, pilihlah daerah-daerah yang selain Istanbul karena di Istanbul biaya hidup terkenal sangat mahal.

10. Ada Juga Kampus dengan Pengantar Bahasa Inggris

Semakin banyak kursus di universitas-universitas Turki diajarkan dalam bahasa Inggris dan banyak lainnya menawarkan kesempatan untuk belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga digunakan secara luas di kota-kota besar dan resor wisata.


Powered by Blogger.