Halloween party ideas 2015


Setiap manusia diciptakan dengan sifatnya masing-masing. Ada yang diciptakan dengan diberi sifat yang lebih cenderung buruk namun ada juga yang dibekali dengan sifat yang cenderung melakukan kebaikan. Namun sebenarnya sifat dan akhlak manusia itu banyak dibentuk dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya.
Gambar via pxhere.com

Jadi bisa kita katakan, adanya sifat baik maupun buruk dari seseorang itu sebenarnya adalah akibat dari lingkungan sosial yang membentuknya. Jadi manusia itu dalam hal ini pun selanjutnya bisa dipengaruhi. Dimana yang awalnya baik bisa jadi buruk dan orang yang awalnya bersifat buruk bisa dipengaruhi menjadi orang yang baik.

Jika kita melihat di sekeliling kita, maka kita akan menemui banyak sekali orang yang memiliki sifat dan perilaku yang berbeda, dimana bisa dikategorikan baik atau buruk. Nah, sesuai dengan prinsip bahwa sifat manusia itu bisa dirubah maka kita pun bisa mempengaruhi orang lain yang memiliki sifat buruk atau perilaku jelek itu agar ia bisa bersifat baik. Dalam hal ini kangdidik.com akan mengulasnya lebih lanjut.

Tips dan Cara Memperbaiki Sifat Buruk atau Perilaku Jelek Orang Lain

Beberapa Tips Cara Memperbaiki Sifat Buruk/Perilaku Jelek Orang Lain di Sekitar Kita :

1. Selalu menemani dan Memberi Perhatian

Seringkali orang yang berlaku buruk itu muncul karena dirinya tidak mendapatkan perhatian baik dari orang lain. Oleh karenanya, salah satu cara terbaik untuk mengubah perilaku buruknya adalah dengan menganggapnya orang baik dan memberi perhatian sehingga dirinya mau berubah dari dalam.

2. Memberikan Contoh atau Suri Tauladan yang Baik Secara Konsisten

Namanya sifat itu pasti sudah melekat erat pada diri manusia sehingga tidak mudah untuk dirubah. Namun tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Kita bisa mengubah sifat buruk orang lain dengan cara memberi contoh yang baik secara konsisten.

3. Rajin Memberi Nasihat dengan Cara yang Baik

Nasehat adalah tutur kata yang mendalam artinya dan bisa diterima dengan mudah. Nasehat itu bisa sangat mengena dan menancap dalam diri seseorang yang berbuat buruk atau memiliki sifat yang jelek pada saat sifat jeleknya itu berdampak buruk pada dirinya sendiri.

Namun jangan menunggu sesuatu yang buruk terjadi padanya, janganlah berhenti untuk memberi nasehat sehingga nasehat-nasehat itu pun sedikit banyak pasti bisa mengubah perangai buruknya.

4. Melakukan Pendekatan yang Intensif (Logika dan Agama)

Pendekatan agama biasa dilakukan oleh ustadz dan ahli agama dalam mengajak orang yang memiliki sifat buruk untuk berubah. Adapun pendekatan logika bisa digunakan oleh para psikolog untuk mengajak agar orang yang memiliki sifat buruk mau berubah.

5. Bekerja Sama dengan Berbagai Pihak yang Mendukung

Seburuk-buruknya sifat dan perilaku seseorang pastinya ia memiliki orang yang dikasihi dimana kata-katanya didengar. Bisa orang tua, istri, anak atau keluarga maupun teman. Ajaklah orang-orang yang dikasihi itu untuk membantu dia berubah.

Itulah beberapa kiat dan tips serta cara agar bisa memperbaiki sifat buruk atau perilaku jelek dari orang lain. Tidak ada hal yang bisa mengubah sesuatu kecuali dengan sungguh-sungguh, cara yang benar dan termasuk dengan izin Allah. Oleh karenanya, usaha kita harus diimbangi dengan teknik dan cara yang benar serta kita juga harus pertebal doa agar usaha untuk mengubah sifat buruk itu bisa lancar.


Powered by Blogger.