Kucing merupakan hewan rumahan yang bisa kita temui hampir di mana-mana. Bahkan di seluruh dunia ini kucing merupakan hewan jinak yang populer dan banyak orang memeliharanya. Selain karena lucu, kucing pun disebut-sebut sebagai hewan yang bersih dan lebih mudah di pelihara dari pada hewan-hewan lainnya.


Namun ada yang unik dari seekor kucing, yaitu mengapa kucing selesai buang kotoran ia akan mengubur kotorannya itu? Di manapun tempat kucing akan melakukan hal yang sama, yaitu mengubur kotorannya dan menutupnya dengan tanah atau pasir. Dan kucing pun juga akan lebih memilih tempat yang berpasir untuk buang kotoran agar ia bisa mengubur kotorannya itu dengan tanah.

Alasan Penyebab atau Kenapa Kucing Mengubur Kotoran/Pup/Fesesnya Sendiri

Menurut pengamatan, ternyata secara naluri alias dari sononya, kucing rumahan atau kucing domestik pada umumnya akan mengubur kotorannya sendiri setelah buang kotoran. Tetapi ternyata tak semua kucing seperti itu, ada juga kucing yang tak mengubur kotorannya sendiri setelah buang kotoran. 

Nah, penyebab mengapa kucing mengubur tahi atau kotorannya sendiri itu adalah salah satunya disebabkan oleh insting alami untuk mempertahankan diri dari predator atau hewan pemangsa yang bisa membahayakan dirinya.  Kucing kecil merupakan binatang yang bisa menjadi binatang buruan bagi hewan yang lebih besar.  Contohnya seperti kucing besar yang ukurannya jauh lebih besar seperti harimau, singa, macan tutul, jaguar, cheetah, dan berbagai hewan yang dirasa bisa membahayakan bagi si kucing.

Di lain hal, si kucing besar bisa menganggap kucing kecil sebagai ancaman jika mereka buang air sembarangan karena dianggap menandai wilayah.  Kalian jika sering menonton acara dokumenter hewan-hewan, pasti akan tahu kalau kucing besar itu menggunakan kencing dan kotorannya untuk menandai wilayah kekuasaan.

Dalam dunia kucing memang ada yang namanya perebutan wilayah kekuasaan sehingga kucing akan menandai wilayah kekuasaannya dengan air kencing atau kotoran mereka sendiri. Artinya, jika seekor kucing besar kencing di suatu wilayah, maka hal itu menjadikan wilayah tersebut sebagai wilayahnya karena dianggap sebagai tanda kekuasaan miliknya.

Karena alasan itulah menjadi suatu hal yang wajar kalau kucing kecil menyembunyikan kotorannya sendiri karena secara naluri takut menjadi korban hewan predator.  Di dalam kotoran kucing terdapat zat kimia yang dapat menjabarkan identitas pemiliknya.

Itulah informasi tentang mengapa sih kucing kok mengubur kotorannya sendiri. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi kangdidik.com

Previous Post Next Post