Perancis merupakan salah satu negara Eropa yang banyak menjadi destinasi wisata internasional. Banyak orang Indonesia yang tertarik untuk liburan ke Perancis karena daya tarik keindahan dan juga kekayaannya akan sejarah.

Selain menjadi daya tarik wisata Eropa, Perancis pun menjadi daya tarik bagi para pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi. Nah bagi kamu yang ingin kuliah di Perancis, bisa jadi hal itu adalah pilihan yang tepat karena Perancis memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu jadikan alasan untuk melanjutkan studi di Perancis.


Dan berikut ini adalah beberapa alasan dan kelebihan yang bisa kamu jadikan motivasi mengapa kamu kudu kuliah di Perancis. 

Mengapa Kuliah Di Perancis? Alasan dan Kelebihan Untuk Kuliah Di Perancis

1. Perancis Adalah Tujuan Wisata Terbaik

Kuliah atau studi tidak melulu harus belajar di kampus saja, banyak hal yang perlu kita manfaatkan dari lingkungan tempat kita studi. Salah satunya adalah wisata yang mana selain bisa menambah kita wawasan tentang keindahan alam semesta ini, kita pun juga bisa lebih rileks dalam menghadapi beban kuliah yang tentunya tidak ringan.

Bukan rahasia lagi bahwa Prancis adalah salah satu tujuan wisata terbesar di Eropa yang mampu menarik banyak orang dari seluruh dunia untuk datang ke sana. Prancis telah dikunjungi oleh sebagian besar turis di dunia. Banyak pengunjung yang rela untuk engumpulkan banyak uang demi bisa mengunjungi Prancis.

Nah, merupakan sebuah keberuntungan tambahan bagi kamu yang hendak kuliah di Perancis, bahwa kamu tidak hanya mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas di yang merupakan salah satu sistem pendidikan terbaik dunia tetapi kamu juga bisa menikmati wisata yang indah. 

Saat kamu kuliah di Perancis, maka kamu tidak hanya mengunjungi tempat-tempat terkenal atau melihat budaya Prancis tetapi kamu bakalan merasakan budaya yang lekat hingga ke intinya. Hal inilah yang menjadikan orang-orang menyebut bahwa ini adalah salah satu manfaat terbaik belajar di Prancis dan menjadikan alasan kuat mengapa mahasiswa harus melanjutkan studi di Perancis.

2. Biaya Pendidikan Yang Terjangkau

Meskipun berada di daerah Eropa, Perancis disebut-sebut sebagai salah satu negara yang menawarkan salah satu program studi berbiaya paling rendah. Meskipun mata uang Prancis lebih dari 100 kali lebih kuat dan juga lebih dari 200 kali lebih mahal dibandingkan dengan Pakistan, tetap saja biaya kuliah di universitas negeri sama atau kurang dari biaya di universitas Pakistan. 

Universitas swasta di Prancis bisa jadi membutuhkan biaya yang mahal tetapi universitas negeri hanya mengenakan biaya sekitar 200 - 1.000 EUR per tahun akademik. Hal ini pun bisa kamu jadikan alasan yang kuat untuk bisa mendapatkan pendidikan berkualitas dengan biaya yang terjangkau di Perancis.

Akan tetapi, kamu pun juga perlu untuk mempertimbangkan biaya hidup di sana, karena meskipun biaya untuk studi rendah, bisa jadi biaya hidup itu tak sesuai dengan jangkauan kita. Jadi hitunglah secara menyeluruh mengenai biaya studi ini antara biaya kuliah dengan biaya hidup di sana. 

Dan cara terbaik untuk kuliah di luar negeri tentu adalah dengan sambil bekerja karena selain bisa menutupi beban biaya pendidikan, kita pun bisa mendapatkan pengalaman bekerja di luar negeri.

3. Alasan Kenapa Kudu Kuliah di Perancis! Besarnya Peluang Kerja Setelah Studi

Ini adalah keuntungan besar bagi siswa yang ingin berkarir di tujuan studi luar negeri pilihan mereka. Biasanya mahasiswa diminta untuk kembali ke negara asalnya segera setelah kursus mereka berakhir. Di sisi lain, Prancis memberikan kesempatan untuk memperpanjang tinggal selama 12 bulan dan mendapatkan pengalaman profesional. Kamu hanya perlu mendapatkan izin tinggal dan mencari pekerjaan yang berhubungan dengan bidang studi . 

Izin 12 bulan ini tidak dapat diperpanjang. Dalam periode ini kamu dapat melakukan pekerjaan atau memulai bisnis sendiri yang harus terkait dengan apa yang kamu pelajari di Prancis. Kamu tidak hanya mendapatkan uang atau mendapatkan pengalaman tetapi kamu juga memiliki kesempatan untuk bisa membangun relasi yang baik. 

Jika kamu bisa bekerja dengan baik dan mendapatkan kontrak kerja maka kamu pun memiliki kesempatan untuk bisa mengubah statusdari "pelajar" menjadi "karyawan" dan selanjutnya memperpanjang masa tinggal di Prancis. Berdasarkan pekerjaan inilah kamu dapat tinggal di Prancis dan melamar tempat tinggal setelah jangka waktu tertentu.

Itulah beberapa informasi tentang alasan dan kelebihan mengapa kamu kudu kuliah di Perancis. Semoga bermanfaat. 


Previous Post Next Post