Cara Cepat belajar bahasa Jerman untuk pemula

Cara Cepat belajar bahasa Jerman untuk pemula

Belajar Bahasa Jerman

Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa internasional yang banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Ada banyak sekali faktor mengapa kamu harus belajar bahasa jerman. Salah satunya adalah untuk pekerjaan dan studi. 

Meskipun di Jerman banyak universitas yang menggunakan bahasa Inggris namun nyatanya bahasa Jerman merupakan bahasa yang wajib untuk belajar dan hidup di sana. 

Cara cepat belajar bahasa jerman untuk pemula

Ada banyak sekali cara untuk bisa belajar bahasa secara cepat. Cara cara ini akan efektif jika bisa kamu lakukan dengan serius agar cepat menguasai bahasa Jerman.

Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Hafalkan sebanyak Mungkin  Kosakata Dalam Bahasa Jerman

Kata-kata adalah pondasi utama sebuah bahasa.

Saat Kamu mulai belajar bahasa Jerman, tidak ada banyak hal yang bisa kamu lakukan jika Kamu tidak menguasai cukup kosa kata.

Sekeras apapun kamu belajar tentang grammar, semuanya akan sia-sia kalau kamu tak punya kosakata.

Cara ideal untuk mengembangkan kosakata bahasa Jerman dari waktu ke waktu yang cukup efektif adalah dengan belajar sambil jalan saja.

Maksudnya ya belajar bahasa Jerman, tapi perbanyak dan fokus pada penambahan kosa kata.

Oleh karena itu, beberapa nasihat umum yang biasanya disampaikan oleh para pengajar bahasa Jerman adalah supaya orang yang belajar itu mencoba menggunakan bahasa Jerman dalam kehidupan sehari-hari dan berkonsentrasi pada mempelajari kata dan frasa tertentu yang paling berguna.

Kamu perlu tahu bahwa ada 1.000 kata yang paling sering diucapkan dalam beragam bahasa apapun, termasuk bahasa Jerman.

Ini berarti kamu hanya perlu mempelajari sekitar 1.000 kata untuk memahami sebagian besar dari semua kata yang akan kamu dengar dalam bahasa Jerman.

Ini namanya common word kalau dalam bahasa Inggris. Jadi pelajari 1000 kata umum itu nanti kamu bakalan cepat belajar bahasa Jerman.

2. Belajar Bahasa Jerman Sendiri Alias Otodidak

Cara paling efisien untuk mempelajari dasar-dasar bahasa jerman biasanya adalah dengan kursus bahasa Jerman untuk pemula agar bisa memahami materi sehingga lebih mudah dicerna.

Namun kamu pun bisa mempelajari bahasa Jerman sendiri dengan materi-materi yang ada di internet.

Dengan cara ini kamu pun bisa mencari materi sesuai kebutuhan kamu.

3. Temukan Seorang Tutor Bahasa Jerman Online

Seefektif kamu belajar bahasa Jerman dengan otodidak, akan sangat lebih efektif jika kamu punya guru atau tutor. 

Jika kamu ingin bisa berbicara bahasa Jerman dengan cepat, maka kuncinya adalah mulailah berbicara. Dan cara ini sangat efektif jika ada tutor atau gurunya.

iTalki.com  adalah tempat terbaik untuk menemukan tutor online dengan biaya yang terjangkau, jadi pergilah ke sana dan temukan tutor bahasa Jerman atau guru bahasa Jerman.

Kamu memiliki banyak pilihan dan dapat memilih guru yang berbicara berbagai variasi bahasa Jerman yang Kamu pelajari.

Tak usah banyak-banyak, ambil pelajaran 30 menit 4-5 kali seminggu. Sedikit dan sering itu adalah metode yang paling efektif.

4. Jangan Terlalu Fokus Pada Tata Bahasa Jerman

Tata bahasa itu penting, tapi sering kali menghambat seseorang untuk menghambat belajar bahasa termasuk bahasa Jerman.

Salah satu perangkap terbesar bagi pelajar bahasa Jerman pemula adalah keinginan untuk belajar tata bahasa Jerman dengan sempurna.

Ingat, meskipun mempelajari dasar-dasarnya itu penting, kamu sebenarnya bisa belajar bahasa Jerman cukup dengan pengetahuan dasar tata bahasa saja.

Yang penting adalah seringlah berlatih, karena dengan berlatih ini kamu akan belajar tata bahasa secara alami tanpa berpikir.

Dan Kamu tentunya tidak perlu mengetahui semua seluk beluk tata bahasa Jerman agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Tentu saja hal itu bukan berarti kita meremehkan pentingnya tata bahasa dalam bahasa Jerman. 

Tetapi risiko utamanya adalah kalau kita pusing dengan tata bahsa, akhirnya kita pun jadi bosan sendiri dan merasa bahasa Jerman itu sulit untuk pemula.

Jadi, luangkan waktu untuk memahami tata bahasa Jerman dasar yang ditemukan di beberapa bab pertama kursus atau buku teks, tetapi kemudian lanjutkan dan fokus pada belajar bentuk kalimat.

5. Membaca Materi Bahasa Jerman Sebanyak Mungkin

Sebagai seorang pemula dalam bahasa Jerman, kamu akan mengalami kesulitan dalam membaca banyak materi karena kamu tidak memiliki cukup kosakata.

Namun, mau tidak mau biar bisa belajar cepat kamu harus menjadikan membaca bahasa Jerman sebagai sesuatu yang harus kamu lakukan setiap hari.

Kamu bakalan mampu mengembangkan kosakata bahasa Jerman mu dengan cepat dan mempelajari tata bahasa dengan cara yang alami.

Dan faktanya, metode ini adalah metode yang didukung oleh ahli bahasa terkenal dan peneliti pembelajaran bahasa.

Jika kamu mampu meluangkan cukup waktu untuk membaca dan mendengarkan materi dalam bahasa Jerman, maka pembelajaran akan terjadi secara alami dan kamu akan mampu mencapai kemampuan yang fasih dalam bahasa Jerman dengan cepat.

6. Jadikan Bahasa Jerman Bagian Dari Gaya Hidup

Kalau kamu sebagai pemula ingin belajar bahasa jerman dengan cepat, maka jadikanlah bahasa Jerman sebagai bagian dari gaya hidupmu

Jika kamu belajar dan melakukan latihan bahasa Jerman secara cukup intensif selama 3 bulan misalnya, maka hal akan tampak seperti tugas yang memberatkan.

Belajar bahasa yang bagus untuk pemula itu adalah belajar namun dengan santai dan tak seperti belajar. 

Jadikanlah bahasa Jerman sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari Kamu, sehingga akan semakin sedikit stres yang akan Kamu rasakan dan semakin banyak kemajuan yang akan Kamu capai. 

Bagaimana Kamu menjadikan bahasa Jerman sebagai bagian dari gaya hidup Kamu?

Lihatlah TV, Informasi, berita dll dalam bahasa Jerman dan cobalah untuk menghindari bahasa lain. 

Cara inilah yang pada akhirnya akan membantu Kamu belajar bahasa Jerman dengan mudah dan cepat sebagai pemula.

7. Carilah Teman Yang bisa Berkomunikasi Dengan Bahasa Jerman

Inti dari belajar bahasa dengan cepat adalah menggunakan bahsa itu. Jadi kalau ingin belajar bahasa Jerman dengan cepat ya gunakan pula bahasa itu.

Sering praktek akan membuat kamu semakin cepat belajar bahasa Jerman.

Caranya adalah dengan mencari teman yang bisa ngomong bahasa Jerman. Kamu bisa menemukan teman di facebook, instagram, dan platform sosial media lainnya.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement