Penyebab Printer Tidak Bisa Print Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Printer Tidak Bisa Print Dan Cara Mengatasinya

Printer Tidak Bisa Print Dan Cara Mengatasinya

Bagi kawan-kawan yang kerja di kantor dan butuh cetak dokumen pakai printer pasti bakalan pusing kalau ternyata printernya tidak bisa dibuat cetak.

Ada banyak sekali penyebab mengapa Printer Tidak Bisa Print, dan pasti Cara Mengatasinya pun beda-beda sesuai dengan kendalanya.

Nah kali ini admin kangdidik.com yang juga pernah beberapa tahun kerja dikantoran mau bagi informasi tentang penyebab printer tak bisa cetak dan cara mengatasinya.

1. Kertas Macet atau Paper Jams dan Ghost Jams

Jika printer dalam aplikasinya di layar komputer muncul tulisan kertas macet alias Paper Jams, maka itu berarti ada beberapa penyebab yang timbul. 

Salah satu penyebab umumnya adalah letak kertas tak sejajar dengan printer.

Untuk mengatasinya, pertama, pastikan kertas disejajarkan dengan benar di tempat kertas. 

Jika kertas terlihat sedikit miring saat dimasukkan ke printer maka hal itu dapat dengan cepat menjadikan printer macet. 

Juga perlu diingat bahwa tempat kertas pada printer dirancang untuk menampung kapasitas kertas dengan jumlah lembar tertentu. 

Untuk beberapa printer bisa jadi hanya muat 100 lembar, sementara yang lain bisa menampung seluruh rim. 

Periksa panduan pengguna printer yang anda pakai untuk kapasitas kertas yang disarankan. Memasukkan kertas yang terlalu penuh dapat langsung memunculkan tanda peringatan Paper Jams alias kertas macet di layar komputer. 

Anda juga harus memastikan pengaturan jenis kertas atau media pada menu printer itu sudah cocok dengan file yang hendak dicetak. 

Printer memiliki pengaturan untuk berbagai jenis kertas seperti stok kartu, kertas foto atau kertas presentasi yang mana hal ini harus disesuaikan dengan kertas yang dimasukkan ke dalam mesin printer. 

Selain itu, tulisan Paper Jams juga bisa disebabkan karena rol penarik yang sudah usang.
Rol penarik printer adalah rol yang berfungsi untuk mengambil kertas dari tempat kertas dan mengumpankannya ke printer. 

Suku cadang rol penarik printer ini ternyata bisa menyebabkan kemacetan setelah digunakan berulang kali yang artinya mungkin perlu diganti.

Ketika printer memunculkan tanda peringatan bahwa ada kertas macet, dan ternyata tidak ada, maka kemungkinan itu karena ada masalah mekanis yang sedang terjadi. 

Bisa jadi di dalam printer ada secarik kertas yang sebelumnya pernah macet sehingga mengganggu proses cetak.

2. Driver Not Found Alias Driver tidak Ditemukan

Masalah yang juga paling umum menjadi penyebab printer tidak bisa print adalah karena driver tidak ditemukan alias driver not found.

Jadi kalau printer tak mau print itu bukan saja karena melulu masalah printernya. Bisa jadi karena driver atau aplikasi penggerak printer itu.
Driver printer  bertindak sebagai penerjemah antara komputer dan printer. Seperti perangkat lunak lainnya, driver juga bisa rusak atau kehilangan kompatibilitas dengan sistem operasi milik Anda setelah update. 

Jika printer tidak merespons perintah dasar atau terus-menerus mogok maka pembaruan driver kemungkinan besar akan dapat segera memperbaiki masalah tersebut. 

Untuk masalah driver ini, kunjungi halaman dukungan dari pabrik printer milik anda dan ketik nomor model printer. Kemudian ikuti langkah-langkah di halaman tersebut untuk mendownload versi terbaru.

3. Masalah Loaded Queue alias Antrian Dimuat

Ketika printer selesai mencetak satu dokumen, maka seharusnya printer akan otomatis mencetak dokumen lainnya yang juga diprint secara bergantian sesuai antrian alias queue. 

Namun bisa jadi printer tak bisa melanjutkan print dan terhenti pada masalah queue ini. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Matikan printer dan cabut dari sumber listrik.
  • Pastikan anda menyimpan dokumen yang hendak dicetak.
  • Pada laptop, Buka Windows Services dengan mencari "Services" di toolbar pencarian atau mengklik tombol Window di keyboard.
  • Di tengah daftar Layanan, Anda akan melihat salah satu yang disebut "Print Spooler". Klik kanan pada opsi Print Spooler dan lihat pilihan. Lalu klik "STOP" sehingga akan menghentikan semua cetakan yang macet yang menyebabkan macet di antrian printer.
  • Setelah Anda menghentikan semua pekerjaan cetak menggunakan spooler, gunakan browser Windows Explorer untuk mencari: C: \ Windows \ System32 \ Spool \ PRINTERS
  • Hapus semua file yang ada dalam antrian dan matikan unit komputer.
  • Hidupkan printer menggunakan tombol daya, lalu hidupkan kembali komputer Anda.
  • Mulai ulang untuk mencetak dokumen melalu printer seperti biasa.
Cara di atas biasanya akan menyelesaikan masalah printer tidak bisa print karena antrian atau queue.

Jika Penyebab Printer Tidak Bisa Print Dan Cara Mengatasinya seperti di atas tidak berfungsi?

Itu artinya bisa jadi printer anda mengalami kerusakan yang membutuhkan penanganan teknisi. Jangan sungkan untuk memanggil teknisi daripada anda nekat mengatasi sendiri tapi malah memperparah kerusakan.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement