Binatang adalah Bagian dari Ekosistem yang Harus Dijaga

Binatang adalah Bagian dari Ekosistem yang Harus Dijaga

Binatang adalah bagian dari ekosistem alam yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Dimana satu dengan yang lainnya saling terkait. 

Misalnya seperti rantai makanan dan lain sebagainya. Kita sebagai mahluk yang diciptakan paling sempurna oleh Tuhan dengan akal dan pikiran seyogyanya sudah menjadi bagian dari tanggung jawab kita untuk tetap menjaga dan melestarikannya.

Oleh karena itu penting rasanya untuk mengetahui informasi tentang kehidupan hewan atau binatang untuk sekedar menambah wawasan atau menjaga kelestarian alam dengan ilmu yang sudah kita pelajari. 

Terutama dalam dunia satwa, tidak ada salahnya kita tambah pengetahuan dengan tujuan melestarikan dunia hewan. Karena setiap hewan memiliki peran masing-masing di bumi ini. 

Binatang yang ada dunia ini, tentu saja banyak sekali jumlahnya. Mulai dari yang berukuran sangat kecil hingga yang berukuran besar. 

Misalnya capung, serangga yang sering kita lihat di sekitar kita ini, ternyata mempunyai manfaat pada ekosistem kita. 

Contohnya bisa dilihat dari makanan capung, pada saat mereka baru menetas dari telur dan tumbuh pada fase menjadi larva capung, mereka ini memakan ikan kecil, larva nyamuk, berudu dan lain sebagainya. 

Ini membuktikan bahwa mereka juga ikut menjaga keseimbangan alam dengan memakan larva nyamuk atau berudu, artinya secara tidak langsung mereka ini mengontrol populasi nyamuk atau katak. Betapa pentingnya serangga kecil yang satu ini ya... 

Itu adalah salah satu contoh kebergunaan serangga di ekosistem kita. Tentunya masih banyak lagi yang lainnya, anda bisa langsung membaca di Berbagi Informasi Hewan untuk artikel tentang hewan yang lain. 

Tuhan sudah menciptakan alam sedemikian sempurnanya, saling terkait satu sama lain serta saling membutuhkan. 

Kita sebagai manusia wajib menjaganya agar tetap lestari dan jangan terlalu serakah dengan menangkap hewan untuk dipelihara.

Di Blog Berbagi Informasi Hewan tersebut tidak hanya membahas tentang hewan liar saja, disana dibahas pula hewan ternak dan hewan peliharaan. 

Jadi jika anda hoby memelihara binatang, blog tersebut wajib anda bookmark untuk nanti dijadikan rujukan dan mencari informasi. 

Pada akhir-akhir ini, dengan banyaknya pencinta hewan yang bermunculan maka dicetuskanlah ide untuk membahas segala macam binatang dalam satu blog tersebut.

Ekosistem yang terkait dengan binatang biasanya adalah rantai makanan. Misalnya Serangga dimakan katak, katak dimakan ular dan ular dimakan elang. 

Dimana puncak rantai makanan adalah hewan atau binatang yang tidak memiliki predator alami. Seperti Elang, Harimau, Singa, Buaya dan lain sebagainya. Biasanya binatang yang berada dipuncak rantai makanan adalah binatang dengan perkembang biakannya sangat lambat, memang tidak semua tapi rata-rata seperti itu.

Di Bumi tentunya juga memiliki ekosistem utamanya, seperti tundung es, tundra, gurun, gunung, hutan, padang rumput, lahan basah dan terumbu karang. 

Disana banyak terdapat berbagai hewan dan tumbuhan yang saling membutuhkan satu sama lain, dan hubungan timbal balik yang tak terpisahkan itulah yang disebut dengan ekosistem. 

Pada artikel ini tidak akan dibahas secara mendetail, nanti akan dibahas mengenai ekosistem di artikel yang lainnya.

Demikianlah sekilas info tentang ekosistem pentingnya menjaga kelestarian alam beserta isinya, agar bumi yang kita tempati bersama ini tetap ramah sampai kapan pun. 

Dimulai dari diri kita sendiri dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Binatang memang tak berakal, tapi manfaatnya pada manusia membuat kita tetap memiliki akal sehat. 

Tetap semangat, Semoga bermanfaat ya dan terima kasih.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement