Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal atau Faktor yang Bisa Menentukan Keberhasilan Sebuah Bisnis maupun Usaha

Semua orang pasti mengharapkan kesuksesan dalam bisnis maupun usaha. Karena sukses itu berarti seseorang telah berhasil dalam menajlankan usahanya tersebut.

Sebaliknya, orang yang gagal dalam usaha berarti ia akan mengalami kerugian yang besar sehingga tak banyak yang ia ambil kecuali pelajaran yang berharga. 

Sukses dalam berbisnis adalah dambaan banyak orang di seluruh dunia. Tidak banyak orang yang mampu mewujudkan keingannya dalam berbisnis.

Jika bisnis sudah berjalan pun belum tentu pengelolanya bisa mendapatkan apa yang diharapkan dari bisnis tersebut.

Apabila tidak pandai-pandai dalam berbisnis, justru kegagalan yang didapat. Untuk bisa sukses dalam berwirausaha perlu memperhatikan banyak faktor yang menentukan keberhasilannya.


Hal atau Faktor yang Bisa Menentukan Keberhasilan Sebuah Bisnis maupun Usaha

Daftar Beberapa Hal atau Faktor yang Menentukan Kesuksesan maupun Keberhasilan Suatu Usaha atau Bisnis:

1. Perencanaan Bisnis Yang Matang

Bisnis bisa menjadi berhasil dikarenakan perencanaan yang matang. Jadi ketika mengambil keputusan, janganlah terburu-buru kalau memang belum yakin dengan peluang keberhasilannya.

Namun meskipun demikian, jangan terlalu banyak pertimbangan daripada tidak mengambil peluang sama sekali. 

2. Kemampuan Manajemen yang Baik

Sesuai dengan teori-teori yang ada dalam buku-buku ekonomi, kita bisa mempraktekannya di sini. Berbagai strategi bauran pemasaran pada produk, harga, distribusi dan promosi. 

Tentunya diperlukan adanya evaluasi dan perbaikan secara terus-menerus sehingga bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang bisa berubah dengan cepat. 

Manajemen tidak hanya melulu terkait dengan bisnisnya, tetapi juga dengan sumber daya manusianya. Jangan melupakan karyawan bisnis kita yang sehari-hari membantu kita menjalankan bisnis. Buat mereka nyaman dan bangga bekerja pada kita. 

Dengan lingkungan sekitar pun kita juga harus baik, peduli dan bersahabat. Hal tersebut penting agar image kita selalu positif dan kita disukai oleh orang-orang yang berada di sekitar kita.

3. Pelayanan Prima Untuk Klien atau Konsumen

Setiap pegawai atau pekerja yang berada di tempat usaha yang berhubungan langsung dengan konsumen harus mampu memberikan pelayanan yang prima serta dapat berperilaku sopan kepada konsumen. 

Bila perlu berikan pelatihan yang baik agar mereka mampu melakukan hal-hal yang disukai oleh konsumen kita. 

Dalam berbisnis tentunya kita harus banyak bersabar. Sabar itu tidak ada batasnya. Manajemen kesabaran yang baik bisa membuat kita tidak mudah menyerah dan stres dalam menghadapi permasalahan yang muncul.

4. Memahami Keinginan Konsumen

Jika kita bisa mengetahui apa yang diinginkan konsumen secara umum, maka kita akan bisa membuat mereka menjadi pelanggan kita. 

Biasanya yang diinginkan konsumen adalah kualitas produk yang bagus, ada garansi, harganya sesuai dengan harapan mereka (tidak harus selalu murah), nyaman berada di tempat usaha, ada layanan tambahan, dan lain sebagainya.

5. Kreatifitas dan Inovasi

Kadangkala sesuatu hal yang baru bisa direspon positif oleh banyak orang. Tetapi sesuatu hal yang baru juga bisa hanya bersifat sementara.

Hal yang baru tersebut harus dibarengi dengan hal baru tambahan sehingga ketika orang-orang sudah mulai bosan bisa beralih ke hal yang lebih baru lagi. 

Dengan menjadi orang yang kreatif dan inovatif tentu kita dituntut untuk mampu berpikir di luar kotak, sehingga diharapkan mampu mendapatkan ide-ide segar untuk menunjang bisnis yang dijalankan.

6. Jangan Mudah Putus Asa, Usahamu Pasti Mendekatkan Keberhasilan

Janganlah mudah putus asa dengan kegagalan yang kita alami. Justru kegagalan itu merupakan ilmu yang bisa kita ambil hikmahnya sehingga kita dapat melalukan perbaikan. 

Jika sudah memahami di mana letak kesalahannya, maka kita harus memperbaiknya. 

Jika selalu gagal, maka ambilah pelajaran darinya dan coba cari usaha atau kegiatan lain yang kira-kira kita bisa sukses di dalamnya. 

Siapa tahu bisa berhasil dengan sesuatu yang baru yang saat ini tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam berbisnis / berusaha.

7. Keberhasilan Juga Bergantung Pada Ketetapan Allah SWT

Sehebat apa pun rencana dan pelaksanaan praktek usaha yang dilakukan tidak akan sanggup melawan ketetapan yang telah digariskan oleh Sang Maha Kuasa. 

Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha sambil berdoa semoga usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.