Agar Cepat Sembuh dari Covid

Agar Cepat Sembuh dari Covid

Musim pandemi seperti sekarang ini pada beberapa tempat seakan covid tak bisa dihindari. 

Meskipun kita sudah berhati-hati tapi bisa saja kita tetap kena covid. Jika anda terkena covid, maka berikut ini adalah informasi penting tentang agar cepat sembuh dari covid. 

9 Cara Agar bisa cepat Sembuh Dari COVID-19 atau virus Corona

1. Perbanyak Minum Air Putih

Ketika orang sakit, mereka seringkali memiliki tingkat energi dan nafsu makan yang rendah, yang dapat menyebabkan berkurangnya konsumsi cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. 

Saat kita mengalami gejala demam, diare dan / atau muntah juga bisa menyebabkan dehidrasi. 

Penting sekali bagi kita untuk minum banyak air agar tubuh kita memiliki apa yang dibutuhkan untuk melawan penyakit seperti COVID-19 atau flu. 

Tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi air - biasanya jumlah yang disarankan tergantung pada ukuran tubuh - tetapi umumnya delapan, 8 ons. gelas air dalam satu hari. 

Saat Anda sakit, sebaiknya tetap minum air putih, tetapi jus jeruk 100 persen, minuman olahraga rendah gula, teh hitam atau hijau, dan jus sayur 100 persen adalah pilihan yang bisa diterima. 

Hindari susu, soda, alkohol, dan kopi saat anda sedang dalam masa pemulihkan diri dari penyakit.

2. Makan Sup Panas Bergizi Seperti Sup Ayam

Sup Panas tinggi protein seperti sup ayam mampu mengurangi hidung tersumbat karena panas dan beruap. Kandungan protein dalam sup itu pun juga bisa membantu tubuh untuk pulih dari penyakit

Sup panas dapat membantu hidung agar lega dan juga mengurangi tekanan sinus. Uap dari sup juga membantu mengatasi kekeringan dan iritasi pada hidung Anda. 

Di samping itu, kandungan gizi dalam ayam juga memberikan energi dalam protein yang mudah dicerna dan kaldu membantu rehidrasi.

Beberapa makanan cepat saji lainnya yang merasa lebih baik termasuk sayuran berdaun hijau, kerupuk, telur, pisang, apel, dan protein tanpa lemak. Lewati produk susu - sulit dicerna dan bisa memperparah mual.

3. Konsumsi Madu 

Madu merupakan antioksidan yang dapat membuat Anda merasa lebih baik. 

Madu ampuh dan dapat meredakan sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Anda dapat mencoba satu atau dua sendok teh tawar - atau menambahkannya ke dalam teh Anda. 

Madu sangat bagus untuk anak-anak juga. Tapi ingat, madu hanya untuk anak-anak setelah ulang tahun pertama mereka.

4. Lebih banyak Istirahat

Istirahat sangat penting untuk merasa lebih baik. Sistem kekebalan tubuh kita hanya melemah jika kita tidak mendapatkan istirahat yang cukup. 

Istirahat ini bertujuan agar tubuh kita bisa mendapatkan lebih banyak tidur daripada yang direkomendasikan - untuk orang dewasa, itu berarti melebihi 7 hingga 9 jam.

Tujuannya tidak lain adalah agar tubuh tetap kuat, cukup energi dan tidak kelelahan karena sedang melawan virus.

5. Berhenti Berolahraga 

Saat Anda merasa badan tak enak karena terlalu banyak istirhat, yang terbaik adalah anda tetap harus melewatkan olahraga - terutama latihan yang lama atau olahraga yang intens. 

Anda terutama harus mendengarkan nasihat ini jika Anda melihat gejala demam, nyeri otot / sendi, muntah, sakit kepala dan / atau diare dengan virus Anda. 

Gejala-gejala ini adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang sibuk melawan infeksi dan membutuhkan seluruh energi Anda untuk melakukan tugasnya.

6. Berkumur dengan Air Garam 

Berkumur dengan air garam adalah obat yang populer untuk membantu sakit tenggorokan dan flu biasa. Garam membantu menarik cairan ke permukaan, bersama dengan virus atau bakteri di tenggorokan. 

Anda bisa menggunakan air hangat atau dingin untuk ini, tetapi air hangat sering kali terasa lebih baik. Campurkan sekitar ½ sendok teh garam dalam segelas air untuk berkumur beberapa kali sehari.

7. Minum Obat yang Bisa Dijual Secara Bebas 

Jika Anda mengalami demam atau nyeri tubuh, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol atau ibuprofen . 

Jika Anda didiagnosis dengan flu, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang resep untuk antivirus - seperti Tamiflu. 

Antivirus paling efektif jika dimulai dalam 48 jam pertama setelah gejala.

Jika digunakan secara akurat, obat ini dapat mempersingkat durasi penyakit sekitar 24 jam dan mengurangi risiko komplikasi, terutama pada populasi berisiko tinggi. 

Jika gejala Anda termasuk sakit tenggorokan atau batuk, gunakan obat batuk atau obat batuk yang dijual bebas.

 Pastikan untuk memeriksa semua bahan obat dan arahannya sebelum meminumnya, dan terutama sebelum diberikan kepada anak-anak.

8. Mandi dalam Ruangan Beruap

Orang dewasa dan anak - anak bisa mendapatkan keuntungan dari duduk di ruangan yang lembap, uap hangat yang terkumpul di dalam ruangan dari pancuran air panas yang mengalir. 

Mandi uap ini dapat membantu melonggarkan sekresi hidung, sehingga tidak menumpuk yang menyebabkan kesulitan bernapas atau batuk. 

Menggunakan pelembab kabut dingin memiliki tujuan yang sama, seperti halnya meletakkan kepala Anda di atas semangkuk air yang mengepul.

9. Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat berarti menemukan suhu yang hangat, tetapi tidak panas. Ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan membantu tubuh mengatur suhu kembali normal jika Anda demam. 

Demikian pula, jika Anda demam, sebaiknya lepaskan lapisan pakaian dan kenakan celana pendek dan kaus - atau sesuatu yang sangat mendasar untuk membuat tubuh Anda mendingin.

 Untuk alasan yang sama, cobalah untuk menghindari terbungkus di bawah banyak selimut saat berada di tempat tidur.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Sembuh dari COVID-19?

Meskipun Anda sekarang memiliki beberapa alat untuk menjadi lebih baik - tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menghilangkan penyakit. 

Waktu pemulihan rata-rata bagi mereka yang memiliki kasus COVID-19 atau flu ringan atau normal adalah antara satu hingga dua minggu. 

Jika Anda menderita COVID-19, CDC merekomendasikan isolasi dari orang lain selama 10 hari sejak gejala pertama kali muncul. Selain itu, pastikan Anda bebas demam selama 24 jam tanpa menggunakan obat penurun demam. 

Saat Anda sakit, penting untuk menjauh dari orang lain sebisa mungkin. Berikut beberapa tip untuk membantu mengurangi penyebaran virus di rumah Anda sendiri.

  • Kenakan Masker. Ya, bahkan di rumah Anda sendiri.
  • Jangan berbagi barang. Simpan semua piring, handuk, dan seprai untuk Anda sendiri.
  • Memisahkan diri alias isolasi. Usahakan semaksimal mungkin untuk tinggal di kamar yang berbeda dan gunakan kamar mandi terpisah, jika memungkinkan.
  • Tetap menjaga kebersihan. Cuci tangan Anda sesering mungkin (atau gunakan pembersih tangan) dan desinfeksi permukaan yang sering disentuh.
  • Pantau kesehatan Anda. Jika Anda mulai merasa lebih buruk, hubungi dokter Anda sebelum masuk. Tanda peringatan darurat untuk COVID-19 dan flu termasuk kesulitan bernapas atau sesak napas , nyeri atau tekanan di dada, kebingungan baru, pusing bibir atau wajah kebiruan dan kesulitan membangkitkan. Jika Anda memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi layanan kesehatan terdekat.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement