Mengapa Sekolah Memiliki Aturan atau Peraturan?

Mengapa Sekolah Memiliki Aturan atau Peraturan?

Sekolah merupakan tempat dimana guru dan murid bertemu untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar. 

Sekolah sekarang ini banyak yang terlembagakan sehingga proses belajar dan mengajar diatur dalam administrasi serta tata tertib tertentu sebagai aturan yang harus ditaati oleh semua anggota.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sebuah pertanyaan, mengapa sekolah memiliki aturan?

Pentingnya Peraturan serta Tata Tertib & Tata Tertib Sekolah

Bagi sebagian siswa, guru, dan masyarakat, pentingnya tata tertib & peraturan sekolah mungkin tidak terpikirkan. 

Namun bagaimanapun juga, peraturan sekolah ini adalah kebijakan yang diharapkan yang ditetapkan dalam sebuah institusi. 

Tapi mengapa kita perlu membahas topik itu? Mengapa perlu ada pembahasan yang cukup tentang kebijakan atau aturan sekolah?

Suatu organisasi atau lembaga terbentuk karena suatu tujuan perlu dicapai. Untuk bisnis misalnya, mereka ada dan bekerja untuk menghasilkan profit dan untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan yang sesuai. 

Untuk sekolah, mereka ada antara lain adalah untuk memberikan pendidikan kepada para murid dan pemuda. 

Untuk mencapai tujuan ini, harus ada seperangkat aturan, peraturan, dan kebijakan yang harus diikuti.

Kebijakan ini memungkinkan organisasi untuk mengikuti jalan yang akan membawa mereka ke tujuan mereka. 

Dan dengan demikian, di daerah di mana anak-anak dan remaja terlibat, penerapan aturan dan peraturan yang ketat harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Pentingnya Peraturan, Tata Tertib & Tata Tertib Sekolah Untuk Mencapai Tujuan Yang Diinginkan

1) Untuk Menetapkan Standar di Sekolah

Sekolah memiliki tujuan tertentu dalam hal apa yang ingin mereka capai dengan siswanya. Apakah untuk menanamkan nilai-nilai akhlak? 

Atau mungkin Anda memiliki misi untuk membuat setiap siswa kuliah setelah lulus dari sekolah menengah? 

Atau mungkin Anda ingin menghasilkan atlet profesional dengan prestasi akademik yang luar biasa?

Apa pun tujuan Anda menjalankan sekolah, peraturan dan peraturan sekolah Anda akan memberi Anda pedoman harian yang dengannya guru, siswa, dan semua orang yang terlibat harus beroperasi dan berperilaku.

Jika Anda menawarkan pendidikan tinggi, maka kebijakan Anda akan memandu Anda untuk membuat kurikulum yang akan membantu Anda mencapai tujuan ini.

2) Memberikan Keamanan dan Kenyamanan bagi Guru dan Siswa

Sebuah survei dilakukan pada remaja Amerika antara Maret hingga April 2018, dan jajak pendapat tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari 50% siswa khawatir tentang kemungkinan kekerasan senjata di sekolah.

Dengan terjadinya beberapa penembakan sekolah di sekolah-sekolah Amerika selama bertahun-tahun, peraturan dan peraturan sekolah dalam hal keselamatan dan keamanan menjadi semakin penting saat ini. 

Pelaksanaan pemeriksaan keamanan pada guru dan siswa sangat penting dalam pengaturan sekolah modern, serta pembatasan yang tidak perlu sebelum dan sesudah sekolah berkeliaran, yang dapat mencegah munculnya kekerasan di sekolah.

Kebijakan juga dapat mencegah munculnya perundungan di sekolah. The National Pusat Statistik Pendidikan mengungkapkan bahwa lebih dari 20% dari siswa antara nilai 6 sampai 12 telah diintimidasi di sekolah, atau saat mereka sedang dalam perjalanan mereka ke dan dari sekolah. 

Diungkapkan pula bahwa sebagian besar siswa yang menjadi korban bullying tidak melaporkan penganiayaan yang dialaminya dari sesama siswa. Kebijakan sekolah dapat dibuat untuk menjamin keamanan siswa dengan menerapkan peraturan anti-intimidasi.

3) Untuk Memberikan Akuntabilitas pada Siswa dan Guru

Melanggar aturan dan peraturan sekolah harus ditanggapi dengan tindakan disipliner yang tepat. Ketika pelanggaran tersebut berdampak pada keamanan sekolah atau perilaku yang bertentangan dengan peraturan sekolah, siswa atau guru harus menghadapi konsekuensinya. 

Aturan dan peraturan, sebagaimana disebutkan, dibuat untuk memberikan ketertiban dan standar di sekolah, dan pelanggaran apa pun dapat menciptakan ketidakseimbangan.

Disiplin mengajarkan akuntabilitas dan tanggung jawab pada siswa, serta pada guru yang mungkin berperilaku tidak sesuai dengan kebijakan sekolah.

Bagi siswa, ini mengajarkan mereka untuk menyadari kesalahan mereka dan mengakui kesalahan mereka; sedangkan akuntabilitas mengajarkan pendidik untuk meningkatkan profesi atau cara menerapkan gaya mengajarnya.

Sementara pedoman telah dibuat oleh undang-undang berbasis Negara Bagian dan Federal, serta pedoman tambahan dari Kerangka Sekolah Aman Nasional, penelitian masih menunjukkan bahwa masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan yang layak di sekolah, mengikuti standar pembelajaran yang lebih tinggi, serta tindakan disipliner yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

Oleh karena itu pentingnya tata tertib sekolah harus selalu didiskusikan dan diperhatikan, yang mengutamakan kepentingan siswa. 

Dan peraturan itu adalah untuk menyediakan lingkungan yang tertib, produktif, dan aman bagi mereka untuk belajar dan berkembang menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan taat hukum.   

Itulah informasi tentang mengapa sekolah memiliki aturan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement