Apakah fungsi lingkaran di tengah lapangan sepak bola?

Apakah fungsi lingkaran di tengah lapangan sepak bola?

Lingkaran di tengah lapangan sepak bola

Apa yang dimaksud dengan lingkaran tengah dalam sepak bola? Lingkaran tengah atau circle center dalam lapangan sepak bola merupakan garis di lapangan yang mengelilingi titik tengah. Garis ini memiliki radius sepuluh yard dan digunakan selama kickoff.

Kickoff sendiri adalah tendangan yang dilakukan dengan menempatkan bola di tengah lapangan pada saat awal pertandingan, babak kedua, perpanjangan waktu, atau setelah gol dicetak.

Apakah fungsi lingkaran di tengah lapangan sepak bola?

Fungsi dari lingkaran tengah lapangan (kick off dalam sepak bola) adalah sebagai tempat untuk melakukan tendangan pertama pada bola di awal permainan pada babak pertama maupun kedua atau saat terjadi gol yang tendangannya dilakukan oleh lawan.

Lingkaran tengah ditandai pada 9,15 meter dari titik pusat. Mirip dengan setengah lingkaran pada tempat penalti, ini menunjukkan jarak minimum yang harus dijauhi pemain lawan dari pemain yang terlibat dalam kick-off. Bola itu sendiri ditempatkan di titik tengah sehingga permainan dapat dimulai kembali.

Jadi lingkaran itu berfungsi agar musuh tidak terlalu dekat dan menghalangi eksekusi tendangan awal atau kick off untuk memulai pertandingan sepak bola. Bayangkan saja kalau lingkaran ini tidak ada maka musuh bisa berada pada jarak yang terlalu dekat dengan eksekusi tendangan awal, maka tendangan itu bisa jadi terus merugikan pihak yang menendang.

Apa tujuan dari lingkaran tengah lapangan itu?  

Satu-satunya pemain yang diperbolehkan dalam lingkaran adalah dua pemain yang menendang bola sampai bola ditendang. Jadi lingkaran membuat pemain lain berada di luar area.

Itulah informasi tentang Apakah fungsi lingkaran di tengah lapangan sepak bola? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement