Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan?

Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan?

Ikan cupang perlu rutin makan agar tetap lincah dan sehat. Banyak orang memberi makan pelet ikan cupang sebagai sumber makanan utama. Namun, tampaknya pada beberapa kasus ada ikan cupang yang tidak mau makan padahal sudah diberi makanan terbaik seperti pelet ikan cupang.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang mengapa ikan cupang tidak mau makan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ikan cupang yang tak mau makan tersebut.

Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan?

Ada beberapa penyebab berbeda yang menjadikan kenapa ikan cupang tidak mau makan ketika diberi makan.Ya, kemungkinan karena salah satu dari empat alasan umum berikut:

1. Ikan Cupang sudah Terlalu Manja

Mungkin terdengar agak aneh, apa ada ikan cupang manja? Begini, mungkin anda baru saja beli ikan cupang dari peternak atau toko hewan peliharaan. 

Banyak peternak dan toko hewan peliharaan memberi makan ikan cupang muda beberapa makanan berkualitas tinggi seperti pelet mahal atau bahkan makanan hidup seperti daphnia dan cacing air asin.

Ikan cupang cepat terbiasa dengan makanan mewah ini dan akhirnya mereka menjadi manja tak mau makan-makanan yang kualitasnya lebih rendah. 

Jadi, ketika Anda membelinya dari toko dan membawa pulang ikan cupang dan dia tidak mau makan, itu mungkin karena ikan cupang itu sudah terbiasa pada makanan tertentu. 

2. Lingkungan

Hal lain yang mungkin menyebabkan ikan cupang Anda menolak untuk makan adalah karena lingkungan tempat mereka tinggal. Jika Anda belum mengatur akuairum ikan cupang dengan benar persis seperti lingkungan alami mereka , mereka mungkin tidak senang sehingga ikan cupang menjadi stres dan tidak mau makan.

Sama seperti manusia, ketika ikan tertekan atau tidak bahagia, ia bakalan stress dan tidak selera makan. Selain itu, beberapa ikan cupang cukup sensitif terhadap perubahan di lingkungannya. Jika Anda membawanya pulang dan mereka tidak terbiasa dengan akuairum, atau jika parameter airnya tidak tepat, mereka mungkin menolak untuk makan makanan apa pun.

3. Kondisi Air

Namun alasan lain mengapa ikan cupang Anda tidak makan pelet mungkin ada hubungannya dengan air, khususnya suhu air. Ikan cupang adalah ikan tropis yang menyukai perairan yang cukup hangat. Metabolisme mereka sebenarnya dipengaruhi cukup drastis oleh suhu air.

Jika air di dalam tangki Betta terlalu dingin, ia akan memperlambat metabolismenya, sehingga menyebabkan ia makan jauh lebih sedikit dari segalanya. Sebaliknya, air yang terlalu hangat akan meningkatkan tingkat metabolisme ikan cupang Anda dan menyebabkannya makan lebih banyak dari yang seharusnya.

4. Cupang yang Sakit

Alasan lain mengapa ikan cupang Anda tidak mau makan adalah karena sakit atau kembung. Jika airnya terlalu dingin, jika Anda telah memberi makan ikan cupang yang tidak bisa ditanganinya, atau jika Anda sudah terlalu banyak memberi makan, ikan cupang mungkin kembung dan karena itu mungkin tidak akan memakan makanan yang anda berikan.

Cupang Anda mungkin juga menderita virus, bakteri (kami telah meninjau Bettafix pada artikel ini ), atau kondisi genetik yang menyebabkan kurang nafsu makan (kami telah membahas penyakit secara mendalam pada artikel ini ).

Cara Mengatasi Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Ada beberapa hal berbeda yang dapat Anda coba lakukan untuk membuat ikan cupang Anda makan pelet, yang sebagian besar terkait langsung dengan penyebab yang tercantum di atas.

1. Tunggu Beberapa Waktu

Jika penyebabnya adalah ikan cupang Anda manja dan terbiasa dengan makanan yang lebih baik, mungkin hanya perlu beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan makanan yang anda berikan. Jika alasan mengapa ikan tidak makan adalah karena pilih-pilih, ia mungkin akan mulai makan setelah cukup lapar.

2. Cobalah Memberi Makan Makanan Lain

Ada makanan lain yang bisa Anda coba seperti serpihan ikan kecil, makanan hidup, atau semacam makanan beku. Sederhananya, ikan cupang mungkin tidak menyukai satu jenis makanan sama sekali. Sekali lagi, jika ia cukup lapar dan karena ia tidak menyukai makanan yang anda berikan cupang mungkin akan tetap memakannya.

3. Tidak Biasa atau Tidak Puas dengan Lingkungan

Jika penyebab ikan cupang Anda tidak makan pelet adalah karena tidak terbiasa dengan lingkungannya, atau tidak menyukai lingkungan, Anda perlu menyesuaikan ikan dengan lingkungan barunya. Anda dapat mencoba menambahkan beberapa substrat , tanaman , dan dekorasi yang mereka sukai. 

Juga cobalah untuk menjaga air sebersih mungkin, ditambah Anda harus melakukan bersepeda air secara teratur. Semakin lama ikan cupang Anda berada di akuariumnya dan semakin keras Anda mencoba membuatnya betah, semakin besar kemungkinan ia akan memakan peletnya.

4. Periksa Airnya 

Jika penyebab ikan cupang Anda tidak makan pelet ada hubungannya dengan suhu air, cobalah membuat air lebih hangat untuk meningkatkan laju metabolismenya. 

Jika Anda melihat tanda-tanda penyakit seperti berenang yang aneh, perilaku tidak menentu, lesu, dan segala jenis gejala yang terlihat, itu bisa menjadi alasan mengapa ikan cupang Anda tidak mau makan. 

Setelah cupang Anda kembali sehat, kemungkinan besar ia akan mulai memakan makanan yang diberikan kepadanya.

Jika Anda Betta memiliki perut besar maka artikel ini akan membantu dengan beberapa diagnosis.

Kesimpulan

Apa pun masalahnya, ikan cupang Anda lebih dari sekadar hewan peliharaan, dan mereka layak diperlakukan seperti itu. Jadi, adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan mereka bahagia dan sehat, yang sebagian besar adalah makan dengan benar.

Itulah informasi tentang Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement