Bolehkah bawa printer ke pesawat? Naik Pesawat dengan Membawa Printer

Bolehkah bawa printer ke pesawat? Naik Pesawat dengan Membawa Printer

Bolehkah bawa printer ke pesawat? Naik pesawat berbeda dengan naik kendaraan umum lainnya. Banyak peraturan yang harus dipenuhi demi keselamatan penumpang. Peraturan itu pun tak bisa dilanggar jika memang sudah diterapkan. 

Hal ini pun menjadikan kita sering bertanya-tanya tentang barang apa yang bisa dibawa dan yang tidak bisa dibawa. Seperti printer, apakah boleh jika kita membawa printer untuk naik ke pesawat? Kali ini kangdidik.com akan membahasnya.

Bolehkah bawa printer ke pesawat?

Secara singkat jawaban untuk pertanyaan apakah boleh membawa printer ke pesawat? Jawabannya adalah boleh. Karena printer bukanlah termasuk barang yang dilarang dibawa ke pesawat. 

Meskipun demikian ada hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin membawa printer. Di antaranya adalah printer tidak bisa dibawa ke kabin karena ukurannya yang besar. Juga printer harus dibungkus dengan baik agar tidak rusak.

Terlebih yang patut diperhatikan adalah tentang tintanya. Ada yang menyarankan bahwa catridgenya jangan dipasang atau jangan diberi tinta dahulu karena hal inilah yang bisa menjadikan printer tidak bisa dibawa, karena ada benda cair yaitu tinta itu.

Cara Membawa Printer di Pesawat

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu pakai buat membawa printer ke pesawat:

1. Bungkus Terpisah Catridgenya

Sebelum printer dipacking, keluarkan terlebih dulu cartridgenya dan bersihkanlah catridgenya dari tinta yang sekiranya bisa keluar. Tutupi tempat keluar catridge yang biasa berbentuk titik itu dengan lakban. Hati-hati karena catridge tidak bisa disentuh bagian yang buat cetak di kertas.

Setelah itu, bungkus catridgenya dengan plastik dan usahakan bungkus itu nanti tidak akan bisa membuat tinta keluar. 

2. Packing Dengan Aman

Setelah catridge dibungkus dengan plastik, packing bersama dengan catridge dalam kardus printer atau pakai kardus aslinya yang ada penahan styrofoam di dalamnya. Hal ini bertujuan agar printer tahan guncangan dan tidak apa-apa jika terjatuh.

Setelah berada di bandara, daftarkan printer di bagasi check in atau bagasi kargo. Printer ini tidak akan bisa dibawa di bagasi kabin karena ukurannya yang besar.

Catatan:

Kebijakan tiap maskapai bisa berbeda dan berubah-ubah. Sebelum berangkat silahkan hubungi maskapai yang digunakan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement