Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah bawang putih aman untuk wajah?

Apakah bawang putih aman untuk wajah? Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang bisa memberikan rasa gurih pada makanan. Selain itu, bawang putih dikenal pula sebagai tanaman obat dengan cara dimakan.

Jika bawang putih bermanfaat untuk dimakan, apakah bawang putih juga bisa digunakan untuk obat luar dengan cara dioleskan ke kulit? Apakah bawang putih aman untuk wajah?

Apakah bawang putih aman untuk wajah?

Bawang putih aman dan bagus digunakan untuk perawatan wajah. Anda bisa mendapatkan manfaat yang positif dengan mengaplikasikan masker dengan bahan bawang putih untuk wajah. 

Efek sinar matahari, polusi lingkungan dan malnutrisi dapat menyebabkan kulit memburuk sebelum waktunya dan kehilangan elastisitasnya. Selain itu, penyebab kulit yang terpapar ini dapat mencegah kulit mendapatkan oksigen dan menyebabkannya tersumbat. 

Bawang putih berperan sebagai detoksifikasi pada kulit dan dapat membantu kulit bernafas dengan membuang kulit mati.

Manfaat Bawang Putih Untuk Wajah

1. Menghilangkan Jerawat

Karena sifat antibakterinya, bawang putih bisa membantu menghilangkan jerawat dan komedo dan mengencangkan pori-pori.

Dengan pori-pori yang kencang, maka kulit pun bisa terbebas dari kotoran yang bisa menjadi pemicu datangnya jerawat.

2. Membantu Mencerahkan Kulit

Bawang putih bisa membantu mencerahkan kulit dengan cara membersihkan kulit dari kotoran dan sisa kulit mati.

Bawang putih bisa membersihkan kulit dari sel-sel mati dan membuatnya lebih cerah, oleh karena itu bertindak sebagai pengelupasan. 

Bila digunakan secara teratur, membersihkan wajah dari sel-sel mati dan membuatnya lembut dan lembab.

3. Mencegah Penyakit dan Infeksi

Bawang putih bisa membantu mencegah eksim dan infeksi jamur. Menenangkan kulit serta mempercepat sirkulasi darah dengan meningkatkan oksigenasi jaringan.

Resep Masker Kulit Bahan Bawang Putih

Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut untuk dijadikan masker bawang putih untuk kulit wajah. 
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sendok makan madu
  • 2 sendok makan tanah liat
  • 2-3 tetes air mawar
Cara membuatnya: Hancurkan bawang putih di udara dan masukkan ke dalam mangkuk terpisah. Tambahkan madu, tanah liat, dan air mawar ke dalamnya. Campur semuanya menjadi satu untuk mendapatkan masker krim.

Oleskan ke kulit Anda dalam lapisan tipis. Setelah menunggu selama 15-20 menit, basuh kulit Anda dengan air dingin. Melembabkan kulit Anda setelah prosedur. Anda dapat mengulanginya 2-3 kali seminggu untuk hasil yang efektif (sumber).

Itulah informasi seputar apakah bawang putih aman untuk wajah? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com