Apakah bawang putih menyebabkan bau badan?

Apakah bawang putih menyebabkan bau badan?

Apakah bawang putih menyebabkan bau badan? Bawang putih merupakan salah satu bumbu pokok makanan dan juga banyak digunakan sebagia obat.

Makan bawang putih secara rutin disebut-sebut bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Namun apakah makan bawang putih bisa menjadikan badan berbau? Apakah bawang putih menyebabkan bau badan?

Apakah bawang putih menyebabkan bau badan?

Menurut para ahli, bawang putih bisa menyebabkan bau badan melalui bau mulut dan juga bau keringat. Oleh karenanya, jika anda mengonsumsi bawang putih maka mungkin anda perlu menjaga kebersihan mulut dan juga menggunakan minyak wangi agar bisa menutupi bau badan akibat memakan bawang.

Seperti beberapa jenis rempah-rempah lainnya, bawang putih dapat menghasilkan bau yang menggganggu dan cukup menyengat.

Bau menyengat bisa keluar dari tubuh karena makan bawang putih. Selain itu, bau bawang putih akan sangat mencolok dari bau mulut, Hal inilah yang membuat bawang putih menjadi bumbu yang banyak dihindari (sumber).

Tetapi yang penting diketahui adalah bau badan akibat bawang putih itu juga tergantung pada cara makan bawang putih itu.

Bawang putih yang dimakan mentah bisa membuat bau mulut yang sangat mengganggu daripada bawang putih yang dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. 

Cara Menghilangkan Bau Badan Karena Makan Bawang

Sisa atau bekas bawang putih yang ada di mulut menyebabkan bau mulut yang menyengat karena bau dari bawang putih itu. 

Namun tak hanya itu, bau bawang putih yang berasal dari mulut tak hanya dikarenakan sisa bawang putih di mulut, tetapi karena zat yang terkandung dalam bawang putih yang telah diserap oleh tubuh. 

Bawang putih mengandung sejumlah besar senyawa belerang. Ketika zat ini dicerna oleh tubuh maka zat ini pun akan bercampur dengan darah. 

Zat ini kemudian melalui darah menuju ke paru-paru dan keluar melalui mulut saat menghembuskan napas. 

Sikat gigi sebanyak apapun namun bau mulut tak akan bisa segera hilang. Hal ini dikarenakan sumber bau di mulut itu bukanlah dikarenakan sisa bawang putih di mulut, melainkan proses kimia yang berlangsung di dalam tubuh.

Namun meskipun demikian, ternyata ada bahan makanan yang jika dimakan bisa meminimalisir bahkan menghilangkan efek bau dari bawang putih ini. 

Beberapa tahun yang lalu, Sheryl Barringer dari Ohio State University meneliti masalah bagaimana makanan tertentu yang dimakan dengan bawang putih dapat menghilangkan bau. 

Diketahui bahwa beberapa makanan seperti selada, sawi putih, seledri, kentang, peterseli, mint, kemangi, kemangi, jamur dapat menghilangkan bau bawang putih. Barringer mempelajari bagaimana dan mengapa ini terjadi dengan murid-muridnya.

Makanan yang paling berhasil meminimalisir bau dari bawang putih adalah selada, mint, dan apel. Namun bahan-bahan ini tidak menunjukkan efek yang sama saat dimasak. Hal ini berarti bahwa beberapa enzim dalam makanan ini dipecah selama memasak dan tidak berfungsi.

Menurut Barringer, peppermint sangat kaya akan senyawa fenolik. Asam rosmarinic yang terkandung dalam mint menempel pada senyawa belerang dalam bawang putih, membentuk molekul yang tidak berbau. 

Ada zat serupa di apel, tetapi pada tingkat yang lebih rendah. Tetapi senyawa fenolik dalam selada lebih sedikit dibandingkan dengan teh hijau.

Hal ini berarti jika kita menyelingi makan bawang dengan makanan seperti kemangi, mint dan apel kita pun bisa meminimalisir bau dari bawang putih itu (sumber).

Itulah informasi tentang Apakah bawang putih menyebabkan bau badan? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement