Apakah naik pesawat boleh pakai sim? Dokumen Apa Saja Untuk Bisa Naik Pesawat?

Apakah naik pesawat boleh pakai sim? Dokumen Apa Saja Untuk Bisa Naik Pesawat?

Apakah naik pesawat boleh pakai sim? Saat naik pesawat anda perlu untuk memiliki dan membawa dokumen identitas seperti ktp untuk memesan tiket dan juga check in di bandara sebelum berangkat. 

Namun apabila ada kendala karena ktp tidak ada ditangan atau mungkin karena hilang atau masih dalam proses pengajuan apakah naik pesawat boleh pakai sim?

Apakah naik pesawat boleh pakai sim?

Anda boleh naik pesawat dengan pakai sim sebagai ganti dari ktp atau sebagai dokumen identitas. Untuk pesan tiket maupun untuk check in anda bisa menggunakan dokumen seperti ktp, sim, kartu pelajar, kartu keluarga atau paspor.

Penumpang perlu untuk menyiapkan dokument identitas diri seperti KTP, SIM atau Paspor sebelum berangkat ke bandara. Data diri tersebut wajib ada dan harus ditunjukkan ketika Check-in di bandara keberangkatan (sumber).

Untuk memesan tiket pesawat, bagi penumpang berusia di atas 18 tahun harus menyiapkan kartu identitas resmi (KTP/SIM/Paspor) untuk pemesanan. 

Sedangkan penumpang di bawah usia 18 tahun yang belum memiliki KTP/SIM/Paspor dapat menyertakan nomor yang terdapat dalam kartu identitas lain (Akta Kelahiran, Kartu Pelajar), atau cukup masukkan tanggal lahir Anda dengan format HHBBTTTT (sumber).

Dokumen yang diperlukan untuk penerbangan

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang diperlukan untuk penerbangan baik dokmestik atau internasional. Namun perlu dicatat bahwa mungkin syarat dokumen ini bisa berbeda pada bandara atau maskapai tertentu.

Jadi untuk info yang valid anda perlu untuk menanyakan kepada maskapai atau bandara terkait. Dokumen-dokumen berikut diperlukan untuk check-in pada penerbangan domestik: 
  • Untuk penumpang dewasa KTP, SIM, Kartu Keluarga, Kartu Pelajar atau paspor); 
  • Akta kelahiran mungkin diperlukan untuk anak-anak
  • Sertifikat militer mungkin diperlukan untuk tentara. 
Dokumen berikut diperlukan untuk check-in pada penerbangan internasional: 
  • Penumpang dewasa memerlukan paspor dan visa negara tujuan. Jika perjalanan Anda melalui visa transit mungkin diperlukan
  • Anak yang bepergian harus terdaftar di paspor ibu atau ayahnya atau memiliki paspor sendiri
  • Dokumen yang diaktakan harus diserahkan untuk anak yang bepergian ke luar negeri hanya dengan ibu atau ayahnya. Dokumen harus diterima oleh orang tua lain yang tidak berpartisipasi dalam perjalanan; 
  • Untuk penumpang di bawah umur tanpa pendamping, diperlukan dokumen notaris dari ibu dan ayah mereka. 
Untuk informasi tentang undang-undang terkait visa, kami menyarankan Anda menghubungi konsulat negara tujuan dan transit Anda sebelum penerbangan Anda. Cek lagi tentang masa berlaku dokumen Anda. Penumpang dengan paspor yang tidak valid tidak diperbolehkan masuk ke penerbangan.

Itulah informasi tentang Apakah naik pesawat boleh pakai sim? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement