Apakah boleh bawa gunting di bagasi pesawat?

Apakah boleh bawa gunting di bagasi pesawat?

Apakah boleh bawa gunting di bagasi pesawat? Ada beberapa larangan membawa barang-barang tertentu bagi penumpang yang hendak naik pesawat. 

Larangan membawa barang-barang tertentu dimaksudkan agar perjalanan pesawat terjaga keamanannya. Hal ini pun menjadikan naik pesawat bisa jadi memiliki peraturan yang lebih ketat dibandingkan moda transportasi lainnya.

Beberapa hal yang banyak ditanyakan oleh pembaca adalah di antaranya apakah boleh bawa gunting di bagasi pesawat? Apakah gunting termasuk barang yang boleh dibawa di pesawat?

Apakah boleh bawa gunting di bagasi pesawat?

Gunting adalah benda tajam dan juga dapat digunakan sebagai senjata untuk melukai orang. Jadi untuk menghindari situasi yang tidak diingikan, ada aturan khusus tentang gunting bagi orang yang ingin membawanya ke bagasi pesawat. 

Gunting termasuk barawng yang diperbolehkan untuk dibawa ke pesawat tetapi ada peraturan tertentu yang perlu diketahui dalam hal membawa gunting ke pesawat ini. 

Gunting dapat dibawa naik pesawat dan bisa ditaruh baik dalam bagasi kabin atau pun bagasi check-in. 

Anda bisa membawa gunting ukuran besar dalam bagasi check in atau bagasi kargo. Namun jika anda ingin membawa gunting ke bagasi kabin atau bagasi penumpang, maka ada peraturan khusus untuk membawanya.

Gunting yang dibawa ke bagasi kabin harus memiliki bilah kurang dari 4 inci (6 cm) yang diukur dari titik pivot (titik tengah penyatuan bilah gunting) (sumber). 

Selain itu jika gunting dikemas dalam bagasi check in, dengan ukuran berapapun, maka gunting itu harus dibungkus dengan aman untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. 

Pengepakan gunting harus menjadi salah satu prioritas utama penumpang saat mengemas koper mereka. 

Singkatnya, semua gunting dengan ukuran bilah kurang dari 6 cm bisa di bawa dalam bagasi kabin, dan gunting dengan bilah yang panjangnya lebih dari 6 cm dari titik pivot dapat dibawa dengan dimasukkan ke dalam bagasi check in.

Bolehkah membawa gunting kecil ke dalam pesawat?

Gunting kecil dengan bilah kurang dari 2,4 inci dari titik pivot dapat dibawa bersama penumpang di bagasi pesawat. Gunting ini dapat dikemas dalam tas jinjing atau tas check-in atau di dompet. 

Harus diingat bahwa jika gunting dibawa dalam bagasi check in, maka gunting itu harus dibungkus dengan benar untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. 

Jika penumpang terbukti berbuat hal yang tidak bertanggung jawab atau tidak mengikuti aturan maskapai, maka pihak keamanan bandara berhak mengambil tindakan terhadap orang tersebut.

Bolehkah membawa gunting anak di pesawat?

Gunting anak diperbolehkan untuk dibawa di pesawat. Karena gunting anak memiliki bilah tepi yang aman, handler yang sedikit lebih kecil dan bilahnya kurang dari 4 inci. 

Semua karakteristik gunting anak ini menandai kesejahteraan dan keselamatan, sehingga tidak menyebabkan cedera pada pawang bagasi, keamanan bandara, atau penumpang mana pun.

Gunting ini kurang berbahaya dibandingkan dengan jenis gunting lainnya. Mereka dapat dengan aman dibawa dalam tas jinjing atau tas check-in. 

Jika dibawa dalam tas yang diperiksa, itu harus dibungkus dengan benar untuk tujuan keamanan. Pilihan terbaik adalah membawa dalam tas tangan atau dompet atau tas jinjing.

Bolehkah membawa gunting kutikula dan pinset di pesawat?

Sebagai aturan umum, sebagian besar alat perawatan kuku diizinkan oleh TSA di bagasi jinjing Anda. Dengan demikian gunting kutikula kuku, pinset, kikir kuku, jepit kuku kaki, dan alat kuku logam lainnya dapat dibawa dengan pesawat. 

Meskipun alat-alat ini diperbolehkan untuk dibawa, penumpang harus menjaga keselamatan yang tepat saat membawanya.

Gunting kutikula juga diperbolehkan untuk dibawa ke dalam pesawat, tetapi ada beberapa batasan. 

Jika gunting sedang dikemas dalam tas jinjing, maka ukurannya harus kurang dari 4 inci diukur dari titik pivot; sebaliknya, jika dikemas dalam tas yang diperiksa, gunting harus dibungkus dengan benar untuk menjaga keamanan.

Anda dapat membawa pinset di tas tangan, tas jinjing, atau tas check-in. Jika dikemas dalam tas yang diperiksa, itu harus dibungkus dengan benar untuk menghindari cedera. 

Pilihan terakhir adalah mengemas pinset di dalam tas perlengkapan mandi Anda. Tidak ada ukuran khusus dari pinset yang diberikan; ukuran apa pun diperbolehkan untuk dibawa ke pesawat kecuali dan sampai perawatan yang tepat diambil.

Selain alat logam, produk kuku seperti penghapus cat kuku, penghapus kutikula, cat kuku dikategorikan dalam aturan cair. 

Jadi Anda harus membawa cairan ini dalam ukuran tidak lebih besar dari 3,4 oz atau 100 ml dalam satu ukuran liter, plastik, dan kantong transparan. 

Bolehkah membawa gunting manikur di pesawat?

TSA tidak membatasi membawa alat manikur apa pun; satu-satunya batasan adalah pada gunting manikur. Ukuran bilah gunting harus kurang dari 4 inci dari titik tumpu (pivot point); jika bilahnya lebih dari 4 inci (6cm), masukkan ke dalam bagasi terdaftar Anda.

Gunting ini dikemas dalam tas diperiksa harus dibungkus dengan benar. Umumnya, sebagian besar penumpang mengemas gunting manikur baik di tas tangan atau tas jinjing.   

Bagaimana Jika Ketahuan Membawa Barang Yang Tak Boleh Dibawa ke Pesawat?

Jika barang terlarang terlihat oleh keamanan bandara, maka Anda akan diminta untuk mengeluarkan semua barang terlarang dari bagasi Anda. 

Jika barang yang ada ditolak, Anda tidak akan diizinkan untuk melanjutkan, dan maskapai penerbangan akan diberitahu tentang penolakan Anda. Dalam beberapa kasus, hukuman juga dapat dikenakan.

Ringkasnya, gunting yang dibungkus dengan benar dapat dikemas dalam tas kotak dan gunting kecil; gunting anak dan gunting dengan bilah kurang dari 4 inci dari titik pivot dapat dibawa di tas tangan Anda. 

Sedangkan pemeriksaan keamanan bagasi, jika ukuran gunting di tas jinjing lebih besar dari ukuran sebenarnya atau gunting di tas bagasi tidak dibungkus dengan benar, maka keamanan bandara akan menyitanya, atau deposit juga dapat mengenakan penalti karena melanggar protokol maskapai.

Anda harus mengukur ukuran gunting sebelum terbang untuk memverifikasi apakah diperbolehkan oleh keamanan bandara atau tidak. Sekarang, setelah Anda mendapatkan ide tentang gunting, Anda dapat mulai berkemas untuk perjalanan pesawat yang paling ditunggu-tunggu.

Itulah informasi seputar Apakah boleh bawa gunting di bagasi pesawat? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement