Apakah boleh naik pesawat bawa power bank?

Apakah boleh naik pesawat bawa power bank?

Apakah boleh naik pesawat bawa power bank? Powerbank adalah alat yang pasti sangat dibutuhkan untuk menemani Anda dalam perjalanan karena jika baterai hp habis anda masih bisa terselamatkan dengan adanya powerbank.

Namun apakah kita boleh membawa powerbank ke dalam pesawat saat kita hendak terbang? Apakah boleh naik pesawat bawa power bank? Apakah power bank diperbolehkan di pesawat? 

Apakah boleh naik pesawat bawa power bank?

Jawaban singkatnya adalah iya, kita diperbolehkan membawa power bank untuk naik ke pesawat. 

Berdasarkan peraturan TSA yang dijadikan standar peraturan penerbangan, penumpang diperbolehkan membawa powerbank untuk ditaruh di bagasi kabin, bukan di bagasi check in (sumber).

Sebagian besar jenis power bank dapat dibawa dalam penerbangan selama dalam kapasitas tertentu dan dibawa dalam tas jinjing atau bagasi kabin dalam pesawat.

Power bank menggunakan baterai lithium-ion, yang berarti hanya dapat dibawa dalam penerbangan jika dikemas dalam bagasi jinjing Anda. 

Aturan ini juga berlaku untuk perangkat apa pun yang menggunakan baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang, seperti laptop atau ponsel Anda.

Mengapa Powerbank dilarang dari bagasi check-in Pesawat?

Maskapai melarang power bank untuk didaftarkan dengan bagasi kargo Anda demi keselamatan para penumpang.

Pada masa kini, baterai isi ulang lithium-ion banyak digunakan sebagai penyedia daya untuk sebagian besar perangkat elektronik portabel. Dari ponsel cerdas dan kamera digital  hingga alat bantu dengar dan mainan yang dikendalikan dari jarak jauh, semuanya dapat ditemukan baterai lithium-ion.

Dalam situasi tertentu, baterai ini memiliki kemungkinan untuk meledak. Meski sangat jarang terjadi, namun tetap saja ada risiko tinggi bahwa hal ini bisa terjadi kapan saja. 

Maskapai lebih memilih untuk berhati-hati dalam menangani risiko baterai lithium-ion dan memberi peraturan untuk menaruh baterai ini di kabin, daripada ditaruh di kompartemen bagasi check in di mana tidak ada yang akan tahu jika insiden seperti terbakar, telah terjadi.

Berapa ukuran power bank yang diperbolehkan dalam penerbangan?

Meskipun membawa powerbank ke pesawat itu boleh, namun penting untuk dicatat bahwa mereka harus berada di bawah kapasitas tertentu. 

PowerBank yang dibawa dalam penerbangan tidak boleh melebihi batas 100Wh (Watt-hour). 

Umumnya, sebagian besar bank daya tidak melebihi batas ini, tetapi ada baiknya memeriksa kapasitas pengisi daya portabel Anda untuk memastikannya.

Bolehkah saya membawa lebih dari 1 bank daya dalam Pesawat?

Sebagian besar maskapai membolehkan kita membawa powerbank lebih dari 1 dalam pesawat. Tapi ada baiknya anda menanyakan pada maskapai terkait sebelum Anda terbang. 

British Airways menyatakan bahwa seseorang dapat mengambil maksimal 4 baterai hingga 100Wh, ini termasuk baterai yang digunakan pada ponsel, kamera digital, dan laptop.

Beberapa maskapai mungkin melarang powerbank sama sekali seperti maskapai Pegasus yang melarang membawa baterai lithium-ion oleh penumpang.

Itulah informasi seputar Apakah boleh naik pesawat bawa power bank? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement