Apakah pasta gigi aman untuk kulit wajah?

Apakah pasta gigi aman untuk kulit wajah?

Apakah pasta gigi aman untuk kulit wajah? Pasta gigi adalah pasta yang digunakan untuk membersihkan dan menyikat gigi. Secara umum pasta gigi bisa membuat gigi bersih dan menjaga kebersihan mulut.

Meskipun demikian, di masyarakat ada pemahaman yang menyebutkan bahwa pasta gigi itu bagus untuk hal lain, misalnya untuk perawatan kulit wajah. 

Lalu apakah benar pasta gigi itu aman untuk kulit wajah? Jika memang demikian lalu apa saja manfaat pasta gigi untuk wajah?

Apakah pasta gigi aman untuk kulit wajah?

Berdasarkan info yang berhasil kami rangkum, secara umum pasta gigi tidak baik digunakan untuk kulit wajah.  

Seorang Dermatolog dari Newyork, Dr. Rebecca Baxt memperingatkan tentang reaksi yang disebabkan oleh penggunaan pasta gigi untuk wajah, karena formula dalam pasta gigi memiliki efek pengeringan,

Dr. Baxt mengatakan, “Pasta gigi memiliki formula yang dibuat untuk gigi, bukan untuk kulit.” Dia melanjutkan, “Pasta gigi mengeringkan kulit dan sering mengiritasinya. Jadi beberapa orang mungkin percaya itu mengeringkan jerawat (jerawat), tetapi yang sebenarnya terjadi adalah mengiritasi kulit, menyebabkan kemerahan dan mengelupas.” (sumber)

Amankah Menggunakan Pasta Gigi Untuk Jerawat Wajah?

Menurut beberapa sumber, disebutkan bahwa memang pasta gigi bisa digunakan sebagai penghilang jerawat di kulit wajah. 

Meskipun demikian, penggunaan pasta gigi untuk kulit wajah tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. 

Menggunakan pasta gigi pada kulit dapat menyebabkan noda pada kulit dalam jangka panjang dan dapat mengeringkan kulit serta menyebabkan pengelupasan. 

Faktanya, bahkan karbonat , salah satu senyawa alami yang paling tidak berbahaya dalam pasta gigi, sebenarnya tidak cocok untuk kulit. 

Meskipun mungkin tampak seperti ide yang menggoda untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan pasta gigi seukuran titik kecil, itu bisa berbahaya dalam jangka panjang, terutama untuk kulit sensitif. Tidak ada dokter gigi atau dokter kulit yang merekomendasikan penggunaan pasta gigi pada kulit.

Merawat Kulit Wajah Dengan Bahan Selain Pasta Gigi

Jika Anda menderita jerawat dan masalah jerawat, ingatlah bahwa ada produk alami lain yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti pasta gigi. Misalnya, dalam sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan pada Maret 2016, disebutkan bahwa minyak pohon teh baik untuk jerawat dan jerawat. 

Juga diketahui bahwa produk yang mengandung senyawa batubara, belerang dan tanah liat memberikan hasil yang baik terhadap jerawat. 

Selain itu, Anda bisa mendapatkan hasil positif dengan memasukkan bahan-bahan alami seperti cuka sari apel , madu, kayu manis , minyak jojoba dan teh hijau di masker wajah Anda.

 Di sisi lain, jika jerawat Anda terlalu membandel untuk merespon bahan-bahan alami, Anda mungkin ingin menggunakan krim, lotion, gel atau sabun yang mengandung asam salisilat , asam azelaic , dan benzoil peroksida .

Memoleskan pasta gigi pada jerawat sampai pagi atau menggunakannya terus menerus dalam waktu yang lebih singkat dapat menghilangkan dan mengecilkan jerawat. 

Namun, pasta gigi tidak dirancang untuk digunakan pada kulit dan dapat bereaksi dengan kulit dan menyebabkan berbagai masalah iritasi, terutama pada kulit sensitif. 

Untuk alasan ini, tidak disarankan untuk mengoleskan pasta gigi pada kulit, terlepas dari apakah mereka memiliki konsistensi gel.

Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat, cobalah masker yang terbuat dari bahan alami seperti minyak pohon teh, cuka sari apel, serta campuran madu dan kayu manis.

Untuk formula yang lebih kuat, cari produk yang mengandung asam salisilat, asam azelaic, dan benzoil peroksida.

Itulah informasi seputar Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement