Apakah sabun bisa expired? Apakah Sabun Ada Kedaluwarsanya?

Apakah sabun bisa expired? Apakah Sabun Ada Kedaluwarsanya?

Apakah sabun bisa expired? Apakah Sabun Ada Kedaluwarsanya? Sabun banyak menjadi kebutuhan manusia sesuai dengan beragam jenisnya, baik sabun mandi, sabun cuci piring, sabun cuci baju dan lain sebagainya.

Dengan adanya sabun maka kita bisa mencuci apapun dengan bersih,wangi dan tentunya untuk membunuh kuman.

Produk sabun biasanya memiliki daya tahan yang lama, namun apakah sabun bisa expired? apakah Sabun Ada Kedaluwarsanya? Jika sabun ada kedaluwarsanya apakah sabun masih bisa digunakan?

Apakah sabun bisa expired? Apakah Sabun Ada Kedaluwarsanya?

Produk sabun pada umumnya diproduksi dengan memiliki masa expired atau batas penggunaannya. Jadi jika anda membeli produk sabun apapun itu, pastikan anda melihat batas kedaluwarsanya agar sabun itu aman digunakan.

Sabun biasanya memiliki masa penggunaan sekitar 2 tahun lebih, namun sabun buatan tangan biasanya hanya bisa bertahan sampai 1 tahun. 

Apa Yang Terjadi Jika Sabun Telah Expired atau Kedaluwarsa?

Setelah tahun expired lewat, sabun bisa saja berubah tekstur dan pada jenis sabun tertentu bisa berbahaya jika digunakan karena bisa saja ditumbuhi bakteri. 

Sebagian besar sabun batangan kedaluwarsa setelah dua hingga tiga tahun. Adapun sabun alami ebaiknya digunakan dalam waktu satu tahun, karena sabun alami atau buatan tangan kedaluwarsa, minyak esensial dan wewangian bisa berjamur.

Apakah Sabun Expired Masih Bisa Digunakan?

Kevin Minbiole, ahli kimia di Universitas Villanova, mengatakan bakteri dan virus dengan cepat dihancurkan ketika tangan dicuci dengan sabun dan air selama 20 detik. 

Menurut Minbiole, sabun membantu membunuh kuman karena ujung kutub dan nonpolar dalam struktur molekulnya. 

Ujung kutub membantu sabun larut dalam air, dan ujung non-polar membantu mengambil minyak dari tangan Anda dan memindahkannya ke wastafel. Ini adalah ujung non-polar yang merusak bagian luar bakteri dan virus dan menyebabkan mereka mati.

Minbiole mengatakan sabun masih dapat digunakan secara efektif bahkan setelah tanggal kedaluwarsa, dengan catatan jika sabun masih bisa berbusa.

Sabun yang pecah-pecah, kering, dan tidak berbusa juga bisa jadi sudah kadaluarsa atau baunya tidak seharum saat pertama kali dibeli.

Tanda lain bahwa sabun expired adalah adanya bintik-bintik oranye pada sabun. Warna oranye disebabkan oleh minyak dalam cetakan sabun. Meskipun secara teknis masih aman digunakan, bau sabunnya tidak terlalu menyenangkan.

Itulah informasi seputar Apakah sabun bisa expired? Apakah Sabun Ada Kedaluarsanya? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement