Apakah tiket kereta bisa dibatalkan?

Apakah tiket kereta bisa dibatalkan?

apakah tiket kereta bisa dibatalkan? Kereta api adalah salah satu transportasi yang cocok dipilih karena kecepatan, kenyamanan serta beberapa fasilitas yang mungkin lebi bagus untuk dipilih daripada transportasi lainnya.

Namun mungkin karena suatu hal, ternyata tiket kereta yang telah anda beli ingin anda batalka. Lalu apakah ada sebenarnya layanan pembatalan tiket kereta api? apakah tiket kereta bisa dibatalkan?

Apakah tiket kereta bisa dibatalkan?

Tiket kereta api yang telah anda beli bisa dibatalkan. Meskipun demikian ada aturan-aturan yang terkait dengan pembatalan tiket kereta api itu. Di antarta persyaratannya adalah pembatalan dilakukan sebelum 3 jam pemberangkatan kereta.

Juga tiket yang dibeli harus berstatus paid dan belum dicetak sebagai boarding pass atau dicetak dalam bentuk kertas oleh petugas kereta api.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan pembatalan tiket kereta api oleh KAI:
  1. Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.
  2. Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum Kereta Api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
  3. Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
  4. Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
  5. Bilamana terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai  di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
  6. Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi KAI Access dan kodebooking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.
  7. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat cs@kai.id (sumber)
Dari keterangan di atas, kita bisa mengetahui bahwa tiket kereta api yang telah kita beli bisa dibatalkan. Tentu saja ada ketentuan-ketentuan di atas yang perlu kita ketahui agar kita bisa mengetahui prosedur pembatalan secara benar. 

Itulah informasi tentang Apakah tiket kereta bisa dibatalkan? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement