Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Yogurt Greek? Apa saja manfaat Yogurt greek?

Apa itu yogurt greek?

Yogurt Greek atau dalam bahasa Indonesia artinya Yogurt Yunani adalah yogurt yang dibuat dengan cara dimampatkan sehingga bertekstur lebih pekat daripada yogurt normal pada umumnya.

Yoghurt Greek, juga dikenal sebagai yogurt tegang, dibuat dengan menghilangkan whey (air dadih) dan cairan lain dari yogurt biasa.

Yoghurt Yunani membutuhkan lebih banyak susu daripada yogurt biasa untuk menghasilkan jumlah yang sama, karena diproses dengan cara mengejan untuk mengurangi volume keseluruhan.

Secara tradisional, Yogurt yunani dibuat dengan cara disaring melalui kantong kain sampai mencapai konsistensi yang diinginkan.

Metode produksi modern menggunakan sentrifugal untuk mencapai efek yang sama dalam pembuatan yogurt greek. Karena sebagian besar cairan telah dihilangkan, yogurt Greek jauh lebih kental dan lebih padat daripada yogurt biasa. (dan juga biasanya lebih mahal karena membutuhkan lebih banyak susu).

Konsumsi Yogurt Greek Di Dunia

Yogurt greek dapat ditemukan di beberapa wilayah di dunia. Di Arab, Yogurt greek dikenal dengan nama Labne.

Meskipun disebut dengan nama yogurt greek atau yogurt yunani, nyatanya yogurt jenis ini juga banyak terdapat dalam masakan Levantine, Mediterania Timur, Timur Dekat, Asia Tengah dan Asia Selatan.

Artinya meskipun yogurt ini disebut dengan yogurt greek, namun model yogurt yang sama juga ditemukan di beberapa wilayah dengan penamaan masing-masing.

Di Turki, yogurt tipe yogurt greek ini disebut dengan Süzme Yoğurt atau yogurt tegang.

Yogurt greek adalah yogurt yang dibuat dengan cara dibekukan untuk menghilangkan ampas airnya, yang menghasilkan bentuk yang lebih padat ketimbang yang tidak dibekukan, dengan tetap menyajikan kekhasan yogurt yaitu rasanya yang asam.

Di daerah Eropa dan Amerika Utara, yogurt greek sering kali dibuat dengan yogurt rendah lemak atau bebas gula. Di Skandinavia, terutama Islandia juga diproduksi yogurt semacam yogurt greek ini.

Yogurt greek banyak dipasarkan di Amerika Utara dengan sebutan “yogurt greek atau yogurt Yunani” dan di Inggris yogurt ini dikenal sebagai “yoghurt gaya Yunani”.

Perbedaan antara yogurt Normal dan yogurt Greek

Semua yogurt adalah sumber magnesium, vitamin B12, dan yodium yang sangat baik, tetapi yogurt Yunani memiliki sekitar setengah karbohidrat dan gula dari yogurt biasa, sementara hampir dua kali lipat proteinnya.

Di sisi lain, itu juga mengandung lebih sedikit kalsium dan natrium. Perbedaan-perbedaan ini adalah hasil dari memeras: menghilangkan whey dari yogurt Yunani menghilangkan sebagian laktosanya, mengurangi kandungan karbohidrat dan gula secara keseluruhan. Tetapi proteinnya tetap utuh, sehingga yogurt Yunani lebih padat.

Apa saja manfaat Yogurt Greek?

1. Yogurt Greek Merupakan makanan sehat

Meskipun terbuat dari susu, namun yogurt greek punya kelebihan dari susu itu sendiri. Dibandingkan dengan susu, yogurt greek dapat mengurangi frekuensi penularan penyakit yang bisa terjadi melalui susu.

Hal ini pun dapat memberikan kontribusi positif bagi tumbuh kembang anak dengan memberikan lebih banyak aktivitas biologis dan mencegah penyakit infeksi pencernaan yang menghambat pertumbuhan.

2. Yogurt Greek kaya protein

Protein yoghurt memiliki kualitas yang sama dengan protein susu dan memberikan manfaat lebih. Alasan untuk ini adalah bahwa ketika kondisi pencernaan susu fermentasi disediakan di perut secara in vitro, koagulasi yang diamati mengumpulkan kasein menjadi partikel-partikel kecil.

Sedangkan susu yang tidak difermentasi menciptakan partikel yang lebih besar yang dipecah lebih lambat oleh enzim proteolitik.

3. Yogurt Greek Bisa menurunkan kolesterol

Pencampuran gula yoghurt ke dalam darah lebih lambat dibandingkan gula susu. Rasio kolesterol dalam yogurt rendah. Konsumsi yoghurt dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Yogurt Greek pencegah tumor

Ada penelitian yang meneliti efek yoghurt pada tumor. Meskipun masih dalam tahap percobaan, hasil berikut telah muncul.

Perkembangan sel tumor yang disuntikkan ke peritoneum tikus diamati sebagai perlambatan pada tikus yang minum yogurt.

Oleh karena itu, beberapa ragi laktat dapat menghasilkan zat yang mengontrol perkembangan sel kanker di lingkungan laboratorium.

5. Yogurt Greek Melindungi dari infeksi

Yogurt melindungi terhadap infeksi yang disebabkan oleh susu yang terkontaminasi, masalah pencernaan setelah diare dan kekurangan kalsium akibat tidak mengkonsumsi susu.

Yogurt meningkatkan rasio imunoglobulin dalam darah dan mengurangi racun di usus besar.

Yogurt menyediakan aktivitas ini untuk orang dewasa yang kekurangan enzim laktase dan juga dapat memberikan agen antibiotik.

6. Yogurt greek bagus untuk darah tinggi

Mineral seperti kalsium, magnesium, dan potasium juga berlimpah dalam yogurt greek. Oleh karena itu, sangat berguna untuk melawan penyakit tekanan darah tinggi.

7. Yogurt greek meningkatkan kekebalan tubuh

Yoghurt saring juga sangat kaya akan probiotik, yaitu bakteri menguntungkan. Probiotik memiliki efek yang besar dalam memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh.

8. Yogurt greek membantu produksi sel darah putih

Vitamin B12 yang ditemukan dalam yogurt tegang membantu dalam produksi sel darah putih dalam darah. Tugas sel darah putih adalah membawa oksigen ke jantung dan semua organ tubuh lainnya.

9. Yogurt greek Sumber kalsium

Yoghurt yang disaring juga kaya akan kalsium. Kekurangan kalsium menyebabkan melemahnya dan melelehnya tulang dalam tubuh. Itu sebabnya yoghurt saring memiliki efek positif yang memperkuat tulang dan otot.

10. Yogurt greek bagus untuk penyakit psikologis

Strain yoghurt juga sangat berguna untuk penyakit psikologis. Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa probiotik dalam yogurt yang disaring mengurangi masalah psikologis seperti stres dan kecemasan.

Apakah Yogurt Greek Bisa Menurunkan Berat Badan?

Yoghurt greek ini sangat rendah kalori sehingga konsumsi terhadap yogurt ini tidak menambah berat badan sebagaimana jenis yogurt yang lain.

Bahkan yogurt greek bisa membantu dalam menurunkan berat badan karena mengandung banyak protein.

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa makanan berprotein seperti yogurt tegang sangat efektif dalam menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah Manfaat dari Yogurt greek untuk Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan:

1. Yogurt greek memperlancar metabolisme tubuh

Yoghurt greek adalah akselerator metabolisme alami berkat kandungan proteinnya yang melimpah.

Oleh karena itu, yogurt greek yang dibuat dengan cara disaring ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk orang yang sedang diet, berkontribusi pada pembakaran lemak lebih banyak di dalam tubuh.

2. Yogurt greek pengenyang perut

Orang yang menjalani diet penurunan berat badan pasti harus mengonsumsi yogurt greek.

Alasannya adalah bahwa yogurt yang disaring mengandung protein 2 kali lebih banyak daripada yogurt biasa, yang membantu orang tersebut tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama.