Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu digital marketing?

Apa itu digital marketing? Digital marketing adalah bahasa inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran digital.

Definisi Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran yang mencakup pembuatan dan penyebaran konten melalui saluran media digital (situs web, halaman arahan, media sosial, email, dan aplikasi seluler), serta iklan SEO, SEM, bayar per klik (PPC), kemitraan konten, sosial, Ini berarti mempromosikannya melalui berbagai strategi di saluran digital berbayar, diperoleh, dan dimiliki seperti email dan pesan teks.

Pentingnya digital marketing/pemasaran digital

Strategi pemasaran digital membantu pemasar menentukan tujuan, menargetkan audiens, dan mengembangkan rencana pemasaran digital yang paling baik menjangkau audiens tersebut.

Strategi-strategi ini memberikan kerangka kerja untuk mengevaluasi hasil ketika memandu kampanye atau program tertentu.

Semuanya serba digital saat ini. Pemasaran digital berintegrasi ke hampir setiap aspek bisnis, yang secara mendasar mengubah cara perusahaan berkomunikasi dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Jika bisnis Anda tidak dapat menerapkan dan menjalankan strategi pemasaran digital di pasar online global yang sedang berkembang, Anda tidak akan mampu bersaing.

Bagaimana Strategi pemasaran digital

Istilah apa pun yang Anda sukai, seperti pemasaran lintas saluran, pemasaran omnichannel, pemasaran semua saluran, Anda perlu melibatkan pelanggan atau calon pelanggan Anda di semua saluran digital dan di perangkat apa pun.

Dari kotak masuk hingga jejaring sosial dan di seluruh laptop, tablet, smartphone, konsumen saat ini mengharapkan Anda berada di tempat yang sama, memberikan pengalaman yang mulus dan terintegrasi saat mereka bergerak dengan mulus.

Berikut adalah deskripsi terperinci tentang saluran pemasaran digital yang paling umum digunakan untuk membantu Anda membuat strategi pemasaran lintas saluran yang sukses:

Pemasaran lewat email

Pemasaran email adalah salah satu bentuk pemasaran digital tertua dan paling terkenal yang digunakan oleh pemasar B2B dan B2C . Dengan pemasaran email, Anda mengumpulkan data pelanggan di berbagai titik kontak perjalanan pelanggan, mengkategorikan calon pelanggan untuk memahami preferensi mereka, dan pada akhirnya mendapatkan izin untuk menambahkan mereka ke daftar email Anda.

konten email; mungkin berisi informasi tentang produk dan layanan Anda, berita tentang perusahaan dan acara Anda, penawaran yang dipersonalisasi, kisah sukses pelanggan, tautan ke studi kasus, dan ringkasan teknis atau bisnis. Memberikan nilai sangat penting untuk memastikan email Anda dibuka dan dibaca daripada langsung dihapus. Konten yang disesuaikan dan penawaran menarik bekerja dengan baik untuk meningkatkan keterlibatan.

Pemasaran email adalah seni dan ilmu. Email dan aset digital Anda harus menarik dan menarik. Namun, Anda harus menyeimbangkan antara mengirim terlalu banyak email dan tidak mengirim cukup banyak.

pemasaran lewat video

Video adalah salah satu saluran pemasaran digital paling kuat. Orang-orang menyukai videonya. Mereka menonton dan berbagi video untuk hiburan dan penelitian. Faktanya, laporan YouTube menunjukkan bahwa lebih dari dua miliar pemirsa masuk per bulan. Baik pembeli B2B maupun konsumen B2C membuat keputusan pembelian berkat video .

Pemasaran video membangun kesadaran merek, meningkatkan lalu lintas digital, dan tingkat konversi. Video yang disematkan dalam konten blog telah menjadi landasan strategi pemasaran konten B2B dan B2C selama bertahun-tahun.

Berbagi video adalah kunci untuk membuat lebih banyak orang melihat konten Anda. Itulah mengapa Anda perlu memanfaatkan situs pihak ketiga seperti YouTube dan mempromosikan video Anda di situs web dan saluran media sosial Anda. Dorong orang untuk membagikan video Anda.

Buat video Anda singkat dan ringkas. Orang-orang kehilangan perhatian mereka dengan cepat. Itulah mengapa sangat penting untuk menyajikan konten hebat dengan cara yang menarik.

Pemasaran di media sosial

Media sosial , menjangkau audiens target tertentu; Ini adalah cara yang bagus untuk terhubung langsung dengan pelanggan, calon pelanggan, dan mitra. Platform media sosial mana yang Anda gunakan tergantung pada siapa yang ingin Anda targetkan. Facebook masih menjadi platform media sosial terbesar di dunia. Twitter masih populer di kalangan pembeli B2B. Instagram dan TikTok sangat populer di kalangan milenial dan konsumen Gen Z. LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk terhubung dengan pembeli B2B di awal siklus pembelian.

Meskipun setiap platform media sosial memiliki jenis konten yang berbeda, semuanya sangat berorientasi pada video/gambar. Oleh karena itu, saat membuat konten, selalu pertimbangkan bagaimana Anda ingin mendistribusikannya di media sosial dan atur sesuai dengan itu.

Karena platform yang berbeda akan terus muncul, pemasar harus terus menyesuaikan taktik pemasaran digital mereka untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap platform yang ada. Misalnya, TikTok tidak tersedia sebelum September 2016. Saat ini, LinkedIn memiliki lebih banyak pengguna aktif daripada Twitter, Pinterest, dan Snapchat.

Pesan teks (SMS dan MMS)

Di samping aktivitas pemasaran email, pesan teks adalah cara paling langsung untuk menjangkau pelanggan. Tapi seperti di media sosial, pesan menjadi efektif jika singkat dan padat. Tim pemasaran dapat memanfaatkan layanan pesan teks saja (SMS) atau pesan multimedia (MMS) yang dapat berisi video dan gif.

Pemasaran konten

Pemasaran konten memungkinkan Anda untuk menangani prospek dan pelanggan yang berbeda dengan cara yang dipersonalisasi saat menyampaikan pesan Anda. Semakin personal konten Anda, semakin menarik, menarik orang, dan menjaga perhatian mereka. Namun, konten Anda harus selaras dengan tujuan dan minat audiens target Anda. Itu harus menawarkan nilai untuk interaksi dan konversi.

Anda dapat menggunakan konten seperti skrip email, halaman arahan, infografis, e-book, ringkasan bisnis, iklan spanduk, video, pesan teks, iklan, buletin, siaran pers, artikel, blog, dan kartu pos digital. Konten dapat (dan seharusnya) digunakan di berbagai saluran, tetapi semua konten Anda harus memiliki nada dan pesan yang konsisten.

SEO dan PPC (atau SEM)

Strategi optimisasi mesin pencari ( SEO ) yang baik mengoptimalkan konten situs web (menghubungkan halaman, blog, dll.).

Dengan demikian, peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian dan lebih sering muncul, meningkatkan lalu lintas ke konten Anda.

Hasil SEO yang baik tergantung pada kata kunci dan optimasi halaman. Menggunakan kata kunci yang diteliti dengan baik dan kata kunci bentuk panjang (frasa dari 3 kata atau lebih) di konten web Anda akan meningkatkan SEO Anda dan menghasilkan hasil yang lebih tinggi dalam lalu lintas dan konversi.

Mendapatkan tautan organik dari halaman pihak ketiga yang bereputasi tinggi adalah cara lain untuk meningkatkan peringkat halaman dan mengarahkan pelanggan potensial ke konten Anda.

Iklan bayar per klik (PPC) dibayar untuk setiap klik pada tautan tertentu. Mesin pencari dan sebagian besar situs media sosial menawarkan peluang PPC. Iklan PPC ditampilkan di feed konten pelanggan dan prospek yang Anda targetkan.

Pemasaran mesin pencari (SEM) adalah jenis iklan PPC yang dapat membuat dampak besar. Anda membayar mesin pencari untuk menampilkan pesan pemasaran (teks) dan tautan di lokasi halaman yang menguntungkan bagi pengunjung yang mencari kata kunci tertentu.

Desain dan pemasaran situs web

Situs web Anda sering kali menjadi titik kontak pertama di mana calon pelanggan berhubungan dengan perusahaan dan merek Anda. Desain web yang bagus dapat mempromosikan semua aset digital dengan branding yang konsisten. Itu juga harus membuat situs web Anda lebih ramah mesin pencari, memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa, dan meningkatkan tingkat konversi (lebih banyak klik, pendaftaran, dll.).

Menampilkan iklan

Pemasar dapat menampilkan iklan yang menarik di situs pihak ketiga untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Spanduk, kotak bilah sisi, iklan video, dan iklan interaktif yang tertaut ke salah satu situs web atau beranda Anda dapat digunakan untuk tujuan ini.

Pemasaran Afiliasi

Banyak blogger dan pengguna media sosial terkenal adalah pemasar afiliasi karena mereka menggunakan blog dan akun media sosial mereka untuk mempromosikan berbagai produk dan layanan. Ini adalah jenis pemasaran berbasis kinerja. Pemasar afiliasi mendapatkan komisi untuk mempromosikan produk tertentu. Afiliasi yang mendatangkan lebih banyak pengunjung dan pelanggan menghasilkan lebih banyak uang.

Periklanan

Media periklanan tradisional telah mengalami transformasi seperti gempa bumi selama beberapa tahun terakhir. Teknologi; Ini telah memungkinkan pembelian media yang lebih bertarget di Netflix, Hulu, YouTube, dan platform TV lainnya. Namun, jangan abaikan saluran TV dan radio meskipun semakin banyak pilihan hiburan lainnya, karena orang masih menonton saluran TV dan masih mendengarkan radio.

Bagaimana cara kerja pemasaran digital?

Ada beberapa pendekatan berbeda yang dapat diambil untuk kampanye pemasaran digital. Sebagai pemasar digital, Anda dapat menggunakan berbagai taktik, strategi, dan saluran untuk terhubung dengan audiens target Anda. Secara umum, kampanye pemasaran digital melibatkan beberapa langkah umum:

Tentukan tujuan pemasaran Anda

Pemasaran digital adalah bidang yang luas. Itulah mengapa penting untuk menetapkan tujuan Anda sebelum memulai kampanye pemasaran digital. Misalnya, apakah Anda ingin membangun kesadaran merek? Untuk mendapatkan pelanggan baru? Fokus pada kontinuitas dan loyalitas pelanggan? Menguraikan tujuan membantu Anda mencapai dampak maksimal dengan menyesuaikan strategi dan anggaran Anda.

Tentukan audiens target Anda

Perhatian siapa yang Anda coba dapatkan? Menemukan lebih banyak detail tentang audiens target Anda (usia, lokasi, pendapatan, dll.) memudahkan untuk menentukan cara terhubung dengan mereka.

Identifikasi saluran pemasaran dan taktik pemasaran yang tepat

Sekarang setelah Anda mengetahui siapa yang ingin Anda jangkau, Anda perlu memutuskan bagaimana (dan seberapa banyak) Anda ingin menjangkau mereka. Katakanlah Anda adalah pemasar digital B2C yang mencoba terhubung dengan pelanggan generasi muda. Dalam hal ini, alih-alih mendedikasikan sebagian besar usaha Anda (dan uang) untuk blogging, Anda dapat mengalokasikan anggaran Anda untuk iklan media sosial pada platform tertentu.

Kembangkan dan optimalkan konten dan pesan untuk setiap saluran

Analisis data Anda dan coba pelajari sebanyak mungkin tentang audiens target Anda. Misalnya, jika Anda tahu bahwa pelanggan Anda lebih suka menggunakan ponsel daripada laptop untuk menjelajahi web, konten yang Anda kirimkan kepada mereka perlu dioptimalkan untuk tampilan seluler. Namun, ini mungkin tidak cukup. Pelanggan berinteraksi dengan merek secara non-linear di berbagai saluran. Itulah mengapa Anda perlu memastikan bahwa setiap konten membawa nada dan pesan yang konsisten. Konsistensi menghindari kebingungan tentang identitas merek Anda dan nilai yang Anda berikan.

Pengukuran kampanye dalam metrik utama

Ukur metrik utama dan lakukan peningkatan berdasarkan hasil tersebut. Jika Anda tidak mengukur kinerja Anda terhadap metrik utama yang Anda tentukan sebelumnya, bagaimana Anda tahu apakah kampanye berjalan dengan baik atau membuat kemajuan? Mengukur hasil dalam proses memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan, membangun loyalitas, dan menciptakan pendukung merek.

Pemasaran digital lintas saluran

Berbagai saluran digunakan dalam pemasaran lintas saluran atau pemasaran omnichannel. Pemasaran lintas saluran melampaui (meskipun merangkul) pemasaran tradisional. Di dunia digital ini, pemasar perlu menggunakan banyak saluran untuk memenuhi tuntutan audiens target. Bergantung pada basis pelanggan yang Anda targetkan, Anda mungkin perlu menggunakan berbagai saluran: media sosial, email, web, pesan teks, TV, dan radio. Semakin banyak data yang Anda miliki tentang preferensi, posisi, dan minat pelanggan dan prospek Anda, semakin baik Anda dapat membuat strategi pemasaran yang memberikan konten yang tepat pada saluran yang tepat.

Pelanggan suka melompat dari saluran ke saluran. Mereka dapat berpindah dari media sosial ke situs web, dari asisten digital ke email. Anda harus mengikuti ini dan memastikan perjalanan pelanggan yang lancar di semua saluran. Ingatlah bahwa semua saluran Anda harus sesuai dengan nada dan pesan Anda. Perjalanan pelanggan yang terputus di berbagai saluran mengalihkan perhatian pelanggan. Bertujuan untuk konsistensi dalam upaya pemasaran lintas saluran digital Anda.

Pemasaran adalah bercerita. Betapa membingungkannya jika detailnya disampaikan secara berbeda, bukan? Bagaimana jika nada dan suaranya berubah? Audiens target Anda tidak akan dapat mengikuti Anda. Mereka mungkin tidak memahami pesan yang Anda coba sampaikan dan memilih untuk melewatkan konten Anda tanpa mengetahui bagaimana ceritanya berakhir.

Perjalanan pelanggan harus menyenangkan. Apa pun salurannya, konten harus mudah dibaca, dilihat, dan dicerna. Situs web harus mudah dinavigasi, iklan harus mudah dimengerti, dan grafik harus enak dipandang.

Tujuan pemasaran digital adalah untuk memiliki interaksi digital dengan pelanggan Anda. Anda harus memberikan kesan sebaik mungkin agar mereka tetap berhubungan dengan Anda.