Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Buah Zucchini?

Mungkin anda pernah mendengar nama Zucchini. Zuchini merupakan tanaman mirip labu yang oleh kebanyakan orang disebut sebagai tanaman sayuran.

Namun dalam ilmu botani ternyata Zucchini masuk dalam kategori buah. Lalu apa itu buah Zucchini? Bagaimana buah Zucchini dikonsumsi? Apa saja manfaat buah Zucchini?

Apa itu Buah Zucchini?

Buah zucchini adalah buah yang berbentuk seperti labu. Buah ini juga disebut dengan nama courgette.

Zucchini adalah buah berbentuk labu yang berasal dari Amerika dan ada dalam beberapa warna termasuk kuning, hijau muda, dan hijau.

Bentuk zucchini ini menyerupai mentimun bergerigi dan memiliki banyak biji di dalamnya. Beberapa pembudidaya juga memproduksi zucchini dalam bentuk bulat atau botol.

Bagaimana Buah Zucchini Dikonsumsi?

Saat ini, produsen terbesar labu ini termasuk Jepang, Cina, Rumania, Italia, Turki, Mesir, dan Argentina. Itu tumbuh sepanjang tahun dan dapat dimakan mentah, diiris atau dimasak. Itu juga bisa diparut dalam salad dingin atau panas.

Meskipun zucchini adalah buah, zucchini biasanya dimasak sebagai sayuran karena paling baik dimakan dalam masakan yang dimasak.

Buah Zucchini dipetik ketika panjangnya di bawah 8 inci (20cm) dan bijinya lunak dan muda. Zucchini yang berkembang penuh biasanya memiliki panjang tiga kaki dan mengandung serat berlebih.

Zucchini muda memiliki rasa yang halus, penutup yang lembut, dan daging buah berwarna putih mentega. Ini tersedia dalam bentuk terbaiknya selama Mei dan Juli. Hampir semua bagian labu siam ini bisa dimakan, termasuk daging, biji, bahkan kulitnya.

Apakah Zucchini itu Buah atau Sayuran?

Beberapa orang bertanya-tanya – apakah zucchini itu buah atau sayuran? Hal ini karena sebagian orang menganggap Zucchini sebagai sayuran, namun ada juga yang menyebutnya sebagai buah.

Zucchini secara teknis adalah buah, meskipun diperlakukan dan secara luas disebut sebagai sayuran. Lembaga Agrikultur Amerika (USDA) memasukkan Zucchini di bawah kelompok Makanan “Sayuran dan Produk Nabati”.

Ketika zucchini berkembang, bagaimanapun, mereka terbentuk dari pertumbuhan berlebih dari bunga zucchini, dan secara botani diklasifikasikan sebagai berry.

Setiap buah diklasifikasikan sebagai ovarium matang dari bunga yang berisi biji untuk tanaman.

Sayuran, di sisi lain, harus menjadi bagian tanaman yang dapat dimakan, seperti akar, batang, daun atau umbi tanaman. Berdasarkan definisi ini, zucchini secara botani dianggap buah.

Meskipun demikian, sebagian besar orang memperlakukan dan menganggap zucchini sebagai sayuran, mungkin karena kemiripannya dengan mentimun (yang secara teknis juga merupakan buah), atau mungkin karena penggunaannya dalam masakan.

Tidak seperti kebanyakan buah-buahan, zucchini tahan dengan sangat baik saat dipanggang, dipanggang, digoreng atau dibakar, seperti kebanyakan sayuran lainnya. Mereka dicincang untuk salad dan digunakan dalam tumisan.

Jadi, sementara zucchini secara teknis dan botani adalah buah, sebagian besar penduduk dunia akan terus menganggap dan menggunakan zucchini sebagai sayuran.

Manfaat Zucchini untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan potensial dari sayuran yang luar biasa ini:

1. Dapat membantu melawan peradangan

Zucchini kaya akan beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan menangkal peradangan.

Nikmati zucchini dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat nutrisi lengkap, karena sebagian besar nutrisi ada di kulitnya sendiri.

2. Dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat

Hanya satu zucchini sedang yang menyediakan lebih dari setengah vitamin C harian Anda , antioksidan penting dan vitamin yang larut dalam air yang memainkan peran utama dalam fungsi kekebalan tubuh.

Vitamin C juga berperan dalam mengurangi risiko beberapa penyakit kronis .

3. Dapat mendukung kontrol gula darah

Secara alami rendah karbohidrat, zucchini bisa menjadi alternatif rendah karbohidrat yang bagus untuk lebih banyak sayuran bertepung dan karbohidrat olahan pada makanan apa pun.

Mie zucchini bisa menjadi pengganti spageti dan lasagna dalam banyak resep, membantu menjaga kadar gula darah dan membatasi lonjakan gula darah dari karbohidrat olahan yang berlebihan.

Anda bahkan dapat mencoba setengah mie linguine biasa dan setengah zucchini yang masih dapat secara signifikan mengurangi beban karbohidrat makanan tetapi memberi Anda yang terbaik dari keduanya.

Zucchini bahkan dapat dibuat menjadi keripik atau kentang goreng di air fryer , memberikan alternatif rendah karbohidrat yang lezat dan memuaskan.

4. Dapat meningkatkan pencernaan yang baik

Baik serat dan kandungan air dalam zucchini dapat membantu Anda tetap teratur dan mendukung pencernaan yang sehat. Zucchini juga dianggap sebagai sayuran rendah FODMAP , yang berarti mungkin lebih mudah dicerna terutama untuk individu dengan sindrom iritasi usus besar.

5. Dapat membantu menjaga berat badan

Zucchini secara alami rendah kalori tetapi kaya nutrisi, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet sehat.

Plus, zucchini secara alami memiliki kandungan air yang tinggi dan juga mengandung serat, yang keduanya dapat membantu Anda tetap kenyang.

Mengganti mie dengan mie zucchini dapat secara signifikan mengurangi kalori dan karbohidrat dalam makanan tetapi tetap memberikan volume dan rasa kenyang.

6. Dapat mendukung jantung yang sehat

Satu zucchini berukuran sedang adalah sumber potasium, mineral dan elektrolit yang baik yang membantu fungsi saraf dan otot.

Kalium memainkan peran besar dalam membantu detak jantung Anda tetap teratur , dan diet kaya kalium dapat membantu mengimbangi beberapa efek berbahaya natrium pada tekanan darah.

Zucchini juga mengandung magnesium, mineral penting lainnya yang membantu menjaga irama jantung tetap stabil.