Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Ikamet dan bagaimana Cara Membuatnya?

Bagi anda yang bepergian dan ingin tinggal di Turki dalam jangka waktu melebihi masa izin visa maka anda anda akan diwajibkan untuk memiliki ikamet.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu ikamet? Apa fungsinya dan bagaimana cara membuatnya.

Apa itu Ikamet

IKAMET adalah dokumen identitas orang asing yang tinggal di Turki. Dengan kata lain, itu adalah semacam izin tinggal, yang harus Anda miliki jika Anda ingin tinggal di Turki selama lebih dari tiga bulan. Misalnya, ketika Anda menyewa properti di Turki.

Apa itu Ikamet dan bagaimana Cara Membuatnya?
Apa itu Ikamet dan bagaimana Cara Membuatnya?

Untuk mendapatkan IKAMET Anda tidak harus belajar bahasa Turki atau mendaftar di kepolisian setiap bulan. Ini berlaku satu tahun. IKAMET adalah kartu plastik, yang diberikan selama enam bulan atau satu tahun ketika Anda memperpanjang visa Anda.

Untuk mendapatkannya cukup mudah. Tujuannya bisa wisata, studi, bekerja dan membeli properti, menikah dengan warga negara Turki atau berlayar di kapal pesiar di perairan negara itu dan banyak lagi.

Anda bisa mendapatkan IKAMET di Göç İdaresi atau kantor Imigrasi setempat. Anda tidak harus kembali ke negara Anda, Anda bisa melakukannya di Turki. Satu-satunya hal yang Anda perlukan adalah menghubungi Göç İdaresi di kota  wilayah tempat Anda tinggal.

Bagaimana cara Membuat Ikamet?

Untuk mendapatkan IKAMET jenis Turkis atau wisata Anda memerlukan dokumen-dokumen berikut:

1. sebuah formulir pendaftaran yang harus didaftarkan secara online disini.
2. paspor dan salinannya;
3. 4 foto (4×5 m);
4. perjanjian sewa atau kontrak untuk membeli properti di Turki;
5. asuransi kesehatan Turki satu tahun;
6. Anda memerlukan nomor pajak yang bisa Anda dapatkan di kantor negara terdekat.
7. bukti dana. Ini bisa berupa laporan rekening di bank Turki (sekitar 500 dolar per bulan).

Setelah petugas telah menerima dokumen Anda, Anda diberikan tanda terima yang membuktikan pembayaran biaya negara dan membuat kartu plastik. Seluruh prosedur memakan waktu sekitar dua minggu tetapi kadang-kadang bahkan dua bulan.

IKAMET setengah tahun pertama akan menelan biaya sekitar 300 dolar untuk dewasa dan 250 dolar untuk anak-anak. Perpanjangan dokumen akan lebih murah dan berlaku selama satu tahun. Jadi, Anda perlu membayar 1680 dolar untuk mendapatkan izin tinggal untuk keluarga dengan 4 orang termasuk layanan penerjemahan.

Tentang biaya dan persyaratan Ikamet ini bisa jadi berubah-ubah sehingga anda perlu menghubungi pihak terkait untuk mendapatkan informasi yang terbaru.