Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan folic acid ketika haid?

Bolehkah makan folic acid ketika haid?

Dapatkah saya mengonsumsi asam folat selama haid? Ya, Anda dapat mengonsumsi asam folat selama menstruasi. Ini membantu pertumbuhan dan pemeliharaan sel dalam mengatur transportasi besi.

Asam folat adalah vitamin B. Suplemen asam folat tidak akan meringankan periode berat. Masalah dengan menstruasi yang berat adalah Anda dapat mengalami anemia. Anemia terjadi ketika Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang dibutuhkan ke jaringan tubuh Anda.

Bolehkah makan folic acid ketika haid?
Bolehkah makan folic acid ketika haid?

Ada banyak jenis anemia. Beberapa jenis terkait dengan kekurangan vitamin. Tetapi jenis anemia yang umum terjadi pada periode berat adalah anemia defisiensi besi. Periode yang berat menyebabkan kehilangan darah dalam waktu yang lama. Ini menghabiskan simpanan zat besi tubuh Anda. Dengan anemia defisiensi besi, Anda mungkin merasa lelah sepanjang waktu, lemah, pusing atau sesak napas, di antara tanda dan gejala lainnya.

Penyedia layanan kesehatan Anda dapat merekomendasikan:

Tes darah untuk memeriksa kadar zat besi dan kadar protein darah yang disebut feritin. Feritin membantu tubuh Anda menyimpan zat besi. Anda mungkin juga memiliki hitung darah lengkap. Tes ini mencakup kadar hemoglobin. Anemia defisiensi besi terjadi ketika Anda memiliki kadar feritin yang rendah, kadar hemoglobin yang rendah atau keduanya.
Suplemen zat besi untuk membangun kembali simpanan zat besi tubuh Anda.
Multivitamin harian yang memiliki asam folat, vitamin C, vitamin B-12 dan vitamin lainnya untuk membantu membangun sel darah merah.
Sejumlah kondisi dapat menyebabkan menstruasi yang berat. Ketidakseimbangan hormon, fibroid rahim atau jenis alat kontrasepsi tertentu hanyalah beberapa.

Jika periode berat mengganggu Anda, bicarakan dengan penyedia Anda untuk informasi dan panduan lebih lanjut.