Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu logotype?

Apa itu logotype? Dalam pengertian yang paling dasar , logo adalah tanda grafis, lambang , simbol, atau nama bergaya yang digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan, organisasi, produk, atau merek. Logo dapat berbentuk desain abstrak atau figuratif atau dapat disajikan sebagai versi bergaya dari nama perusahaan jika memiliki kesadaran merek yang memadai.

Sebelumnya, kami menyebutkan perbedaan antara logo dan lambang . Pada artikel ini, kita akan melihat apa itu logotype , desain logotype, dan contoh logotype.

Apa itu logotype?

Apa itu logotype? Untuk menjelaskan secara sederhana, logotype adalah Jenis logo yang dibuat dengan hanya menggunakan nama lengkap atau inisial perusahaan atau merek tanpa ada lambang lain yang rumit.

Saat mendesain logotype, yang juga bisa disebut sebagai membuat logo dengan huruf atau desain logo tipografi , ketika berpikir bahwa kita pada akhirnya akan membuat logo, hal-hal yang harus diperhatikan saat mendesain logo harus benar-benar diikuti.

Keberhasilan sebuah logo tergantung pada seberapa baik gaya tipografi sesuai dengan identitas merek. Huruf hitam dan tebal menunjukkan merek yang kuat dan stabil, sementara huruf kursif melengkung yang berwarna-warni membangkitkan perusahaan yang lebih menyenangkan dan kasual.

Anda tidak boleh membuat kesalahan dengan berpikir bahwa jenis logo “lebih mudah” daripada opsi lain. Pada kenyataannya, Anda mungkin berpikir bahwa mendesain logotype lebih sulit daripada mendesain emblem atau logo klasik, namun keduanya membutuhkan pilihan desain seperti komposisi, ukuran, dan warna, tetapi Anda juga harus berurusan dengan pilihan tipografi saat mendesain logotype.

Contoh Logotype

Berikut ini adalah beberapa contoh logo jenis logotype

Pertimbangan Dalam Merancang Logotypes

Jika Anda akan mendesain sebuah logotype untuk sebuah merek, Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang tipografi, yaitu spasi huruf, kontur, spasi baris, dan bermain dengan huruf. Jadi Anda bisa membuat logotype yang ideal.

Kami menyebutkan bahwa hal tentang logotype adalah membuat logo dengan huruf atau kata-kata. Hal pertama yang diharapkan dari logo yang dibuat dengan kata-kata tidak diragukan lagi keterbacaannya. Setelah Anda menyelesaikan desain logotype Anda, Anda pasti harus memeriksa keterbacaan dengan mengambil cetakan dalam berbagai ukuran.

Dan akhirnya, dengan mendapatkan cetakan monokrom logo Anda, Anda dapat memprediksi bagaimana logo Anda akan terlihat pada produk pemasaran atau di atas kertas.

Apa Perbedaan Antara Logo Biasa dan Logotype?

Kami menyaksikan bahwa merek yang telah memajukan proses pencitraan merek global telah sepenuhnya menghapus bagian jenis di logo mereka. Kami dapat memberikan contoh terbaik dari situasi ini perusahaan Apple dan Nike. Jika Anda telah memilih jenis logo dari alat komunikasi visual yang mewakili merek Anda, Anda tidak akan dapat menampilkan penggunaan seperti itu. Ini dirancang untuk mewakili merek dan institusi dalam kedua penggunaan yang telah kami sebutkan. Kami dapat membuat daftar perbedaan umum antara Logo dan Logotype sebagai berikut.

1- Fleksibilitas Penggunaan
● Logo dapat digunakan sendiri, dapat digunakan di area mana pun yang diinginkan tanpa memerlukan nama merek jika diperlukan.
● Logotype memiliki struktur yang tidak terpisahkan karena mengandung nama merek.

● Logo memiliki kekuatan untuk mewakili merek tanpa nama merek dan dirasakan dengan cara ini oleh audiens target.
● Jika logotype disusun dengan mengikuti alfabet, kemudahan membaca hanya dapat dicapai oleh audiens yang mengetahui alfabet tersebut.

● Jika pesan dalam logo yang dirancang diberikan dengan benar, orang yang melihat logo tersebut dapat membuat konotasi tentang sektor di mana merek beroperasi.
● Karena hanya nama merek yang disertakan dalam jenis logo, orang yang melihatnya hanya akan melihat nama merek.

2- Keuntungan Kerugian
● Logo saja dapat mewakili merek yang dimilikinya, tidak memerlukan nama merek.
● Jenis logo hanya terdiri dari nama merek.

● Logo dapat memberikan pesan visual karena strukturnya dan jika dirancang secara profesional.
● Jenis logo mungkin membuat sulit untuk membaca nama merek karena hal ini akan menyebabkan kebingungan.

● Logo membawa ekspresi visual yang disiapkan untuk merek di latar depan.
● Logotype membawa nama merek dan membuatnya lebih menonjol.

● Bahkan jika logo menyusut sesuai dengan area penggunaannya, itu tidak kehilangan maknanya dan terus menyampaikan pesan yang dibawanya.
● Jika nama merek logotype panjang, dapat menyebabkan masalah keterbacaan jika terlalu banyak dikurangi. Ini dapat menyebabkan masalah pemosisian dalam hal desain grafis.

● Logo dapat diterapkan pada tampilan ikon dan menjadi favicon, ikon aplikasi seluler, atau ikon aplikasi biasa.
● Tidak dapat dikonversi ke tampilan ikon yang saya sebutkan di atas tanpa merusak bentuk logotype.

Perbedaan Antara Logo dan Logotype Perbedaannya adalah item yang telah kami sebutkan di atas secara singkat.

Bagaimana cara memutuskan desain Logo terbaik yang akan digunakan?

Kedua metode desain disiapkan untuk mewakili merek Anda, tidak ada pilihan yang baik atau buruk di antara keduanya, desain yang salah yang menyebabkan mereka menjadi buruk. Di Postashi.com , perusahaan dengan pendapatan tertinggi dan logo yang mereka gunakan terdaftar. Anda dapat memutuskan jenis desain yang akan Anda gunakan dengan mengevaluasi item yang telah saya sebutkan di atas. Lihat artikel kami tentang Desain Logo dan Pemilihan Warna .