Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa mobil ambulance tulisannya terbalik

Kenapa mobil ambulance tulisannya terbalik? Pernah bertanya-tanya mengapa kata ambulans dieja terbalik? Tidak mengherankan lagi.

Kenapa mobil ambulance tulisannya terbalik

Kata ambulance tersebut ditulis sedemikian rupa agar pengendara di depan dapat dengan mudah membacanya di kaca spion. Di negara lain, kata polisi dan paramedis akan dieja terbalik.

Sebagai kendaraan penolong nyawa, tulisan Ambulans di bagian depan memang sengaja dibuat terbalik. Arko Kusuma, Project Manager PT Ambulance Pintar Indonesia (API) mengungkapkan, format tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pengemudi di depan melihat tulisannya.

Ini adalah bentuk paling umum dari tulisan cermin yang digunakan untuk menarik perhatian pengendara dengan cepat.

Saat mengemudi, ambulans seharusnya diberi jalan dan selain dari sirene mereka, kata ambulans dibuat mudah dibaca dari cermin.

Standar internasional menyatakan bahwa ambulans harus memiliki standar ambulans dunia yang ditulis terbalik di kap mesin.

Tiga Fungsi Tulisan Ambulans Ditulis Terbalik

1. Agar Lebih Mudah Dilihat dari Cermin Spion

Kata AMBULANCE pada ambulans tertulis dengan urutan terbalik pada bagian depan mobil ambulans karena bertujuan agar pengendara di depannya lebih mudah membacanya melalui spion.

Hal ini karena spion yang terbuat dari cermin cembung, memantulkan bayangan secara terbalik.

2. Agar Ambulance Mudah Didahulukan

Ambulans termasuk kendaraan yang harus didahulukan lewat ketika berada di jalan.

Hal ini karena merujuk pada Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 134, yang mengatur urutan kendaraan yang harus didahulukan, yaitu di antaranya adalah Ambulans yang mengangkut orang sakit dan butuh pertolongan segera.

3. Berguna saat Sirene Mati

Jika sirenenya mati atau rusak, tulisan ambulans yang terbalik ini berfungsi sebagai tanda peringatan agar kendaraan lain memberi jalan.

Tapi, umunya ambulans akan lewat dengan menyalakan sirene dan tetap ada tulisan AMBULANCE pada bagian mobil.

Apa arti tulisan ambulance?

Dalam sejarahnya Istilah Ambulans berasal dari bahasa Latin Ambulare yang berarti berjalan atau bergerak yang merujuk pada perawatan saat pasien dipindahkan dengan kendaraan. Istilah ini awalnya mengartikan rumah sakit bergerak yang dipakai dalam militer pada masa lampau.

Mengapa tulisan pada mobil ambulance terbalik brainly?

Tulisan AMBULANCE di depan mobil sengaja dibuat terbalik dengan maksud agar pengendara di depannya melihat tulisan pada kaca spion kendaraan mereka tidak terbalik seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Kenapa di sebut ambulance?

Istilah Ambulans berasal dari bahasa Latin Ambulare berarti berjalan atau bergerak yang merujuk pada perawatan saat pasien dipindahkan dengan kendaraan. Istilah ini awalnya mengartikan rumah sakit bergerak yang dipakai dalam militer pada masa lampau.