Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Makan Kurma Menurut Islam

Manfaat Makan Kurma Menurut Islam, Kurma merupakan buah yang banyak ditemukan di Asia tengah dan Mediterania. Kurma sudah dikenal sejak lama dan termasuk komoditas jual beli pada zaman Nabi Saw.

Ada banyak manfaat mengonsumsi kurma termasuk kesehatan. Lalu bagaimana manfaat mengonsumsi kurma dalam Islam? Apa manfaat makan kurma menurut Islam?

Kurma dalam Islam

Dalam agama Islam, kurma merupakan jenis buah yang banyak disebutkan dalam hadis dan juga al-Quran. Dalam al-Quran misalnya kurma merupakan makanan yang diberikan kepada siti Maryam ketika beliau mengandung nabi Isa.

Al-Quran juga menyebut kurma sebagai rezeki Allah yang menjadi makanan yang muncul dari kebun-kebun sebagaimana rezeki-rezeki buah-buahan dan sayuran halal lainnya.

Dalam hadis, kurma merupakan salah satu makanan favorit Rasulullah Saw. Juga kurma menjadi buah yang muncul sebagai ilustrasi-ilustrasi tertentu dalam beberapa hadis.

Manfaat Makan Kurma Menurut Islam

Dalam Islam kurma memiliki manfaat yang luar biasa dan memakannya akan mendatangkan manfaat tersebut. Hal ini seperti yang diucapkan oleh Rasulullah saw.

 مَنْ تَصَبَّحَ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعَ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً لَمْ يَضُرَّهُ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ سُمٌّ وَلَا سِحْرٌ 

“Siapa yang setiap hari sarapan kurma ajwah 7 butir, maka di racun maupun sihir tidak akan memberikan pengaruh baginya di hari itu. (HR. Bukhari)

Apa Saja Manfaat Makan Buah Kurma?

Manfaat Makan Kurma Menurut Islam
Manfaat Makan Kurma Menurut Islam

Manfaat kurma yang terkenal itu disebabkan karena kurma mengandung cukup vitamin dan nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah kurma disebut-sebut sebagai asupan makanan nomor satu untuk orang yang sedang dalam rangka menurunkan berat badan.

Selain buah kurma juga pasti tidak terlewat sebagai makanan sunah takjil selama bulan Ramadhan. Berikut ini adalah beragam manfaat makan buah kurma.

1. Kurma Ampu Melindungi Tubuh Dari Kanker

Kurma memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Kurma adalah pelawan kanker yang sangat baik berkat vitamin yang dikandungnya dan juga kurma merupakan asupan yang menjadi sumber energi.

2. Kurma Memperkuat sistem Imunitas Tubuh

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kurma memperkuat sistem kekebalan Anda dan meningkatkan fungsi seluruh tubuh.

3. Menjaga kecantikan dan kesehatan kulit

Kurma berperan penting dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Caranya adalah dengan mencukupi kandungan gizi sehingga kulit pun terjaga kesehatannya.

Dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, kurma mampu mengatur keseimbangan kalium tubuh dan membantu mengatur tekanan darah.

4. Efektif Melindungi sistem saraf

Kurma melindungi sistem saraf dengan kandungan vitamin B1 dan B2-nya. Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan untuk reaksi metabolisme dalam sel.

Kebanyakan vitamin tidak dibuat di dalam tubuh atau tidak diproduksi di dalam tubuh. Kurma, yang akan Anda makan dalam jumlah tertentu setiap hari, akan baik untuk Anda dalam hal vitamin.

Baca Juga: Apakah kurma mengandung vitamin c? Vitamin Apa Saja Yang Dikandung Kurma?

5. Kurma efektif menghilangkan kelelahan fisik dan mental

Anda bisa memulihkan tubuh yang lelah dengan makan kurma di siang hari. Ini memberi energi untuk waktu yang lama.

6. Memberi efek relaksasi pada tubuh

Konsumsi kurma dalam jumlah kecil saat buka puasa, yang sangat diperlukan selama bulan Ramadhan, memiliki efek menenangkan pada tubuh.

7. Membantu produksi darah ke tubuh

Kurma memberikan produksi darah ke tubuh. Mereka diisi dengan hemoglobin, protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke semua sel tubuh. Karbon dioksida yang terbentuk di semua sel dikumpulkan dari sel dan membawanya ke paru-paru, dan karbon dioksida dihembuskan.

8. Membantu Menyembuhkan anemia

Kurma meningkatkan energi Anda dengan memperbaiki anemia. Anemia terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu sedikit sel darah merah yang sehat karena berbagai alasan. Kurma baik untuk mengatasi anemia.

9. Mencegah Perapuhan tulang

Kurma sangat baik untuk dikonsumsi oleh lansia dan anak-anak mencegah kelemahan tulang.

10. Membantu Penyembuhan Dari penyakit TBC

Tuberkulosis merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi karena hanya satu mikroba. Kelapa sawit baik untuk penyakit TBC.

11. Membantu melawan Penyakit gagal ginjal

Para ahli menyatakan bahwa pola makan yang sehat adalah aturan utama dalam penyakit ginjal, dan kebiasaan makan yang salah harus berubah total. Kurma merupakan buah yang sangat bermanfaat melawan gagal ginjal.

12. Kurma efektif untuk memperkuat hati

Untuk memperkuat hati Anda, cukup dengan menghentikan kebiasaan berbahaya seperti merokok dan alkohol dan makan makanan yang sehat. Kurma adalah salah satu makanan yang baik untuk hati.

13. Kurma membantu Meningkatkan ASI

Setelah lahir, ASI Anda mungkin tidak langsung keluar. ASI Anda akan keluar secara bertahap selama 1-3 hari dan akan meningkat saat bayi Anda menyusu. Kurma meningkatkan ASI.

15. Kurma sangat bagus Untuk melawan stres

Jika anda mudah mengalami stress maka cobalah untuk mengonsumsi buah kurma secara lebih rutin karena zat yang dikandung kurma mampu membantu melawan stress

16. Kurma sebagai zat ekspektoran

Kurma bisa menjadi ekspektoran yang efektfi bagi tubuh. Dahak dan sifat anti-peradangannya mengurangi penumpukan lendir, sehingga memfasilitasi pernapasan yang nyaman.

Nilai Gizi dalam 100 Gram buah Kurma

Kalori: 300,4 kkal, Karbohidrat: 72,9 gr, Protein: 2,2 g, Kolesterol: 0, Serat (pulp): 9,3 gr, Vitamin A: 0,5 g, Vitamin B1: 0,1 mg, Vitamin B2: 0,1 mg, Vitamin B3: 2,2 mg, Vitamin B6: 0,153 mg, Vitamin B9 (Asam Folat): 24,9 mcg, Vitamin C: 3 mg, Kalsium (Ca): 59 mg, Besi (Fe): 3 mg, Fosfor (P): 63 mg, Natrium (Na): 5,4 mg, Kalium (K): 700 mg dan Magnesium (Mg): 58 mg.

Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kurma kaya akan vitamin (A,B1,B2,B3,B5,B6,C,E,K,) Mineral (Kalsium, Besi, Magnesium, Mangan, Fosfor, Kalium, Natrium, Seng). Kurma adalah makanan yang ideal karena mengandung unsur-unsur penting untuk kesehatan dan ini menjelaskan popularitas mereka dan digunakan secara luas hampir setiap hari (sumber).

Itulah informasi seputar Manfaat Makan Kurma Menurut Islam. Semoga bermanfaat menambah wawasan tentang manfaat kurma.