Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu virus Komputer?

Apa itu virus komputer? Mungkin anda pernah mendengar istilah virus komputer, ya seperti halnya makhluk hidup, komputer juga bisa terkena virus dan kinerjanya pun bisa terganggu.

Virus komputer seperti virus biologis, mereka mencegah Kita bekerja dan Kita bisa jadi harus melakukan banyak cara untuk memulihkannya. Itu sebabnya mereka disebut “virus”.

Virus komputer bisa berpindah dari satu komputer ke komputer lain, sama seperti virus biologis berpindah dari satu orang ke orang lain. Jadi apa itu virus komputer? Bagaimana mereka bekerja?

Apa itu virus komputer?

Virus komputer adalah jenis program komputer yang ketika dijalankan bisa mereplikasi dirinya sendiri dengan memodifikasi program komputer lain dan memasukkan kodenya sendiri.

Jika replikasi ini berhasil, daerah yang terkena dampak dari program ini pun kemudian dikatakan “terinfeksi” dengan virus komputer.

Ungakapan tersebut adalah sebuah kalimat metafora yang diambil dari virus biologis atau virus yang menginfeksi makhluk hidup.

Dikembangkan untuk tujuan untuk memiliki kemampuan mereproduksi tanpa henti, virus komputer adalah malware yang bisa mereplikasi dengan menyalin dirinya sendiri ke program, dokumen, atau partisi boot lain di dalam komputer.

Virus ini bisa mengancam cara kerja komputer, integritas dan privasi sistem operasi dalam komputer.

Virus komputer mampu mereplikasi dirinya sendiri tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna.

Virus ini mencakup banyak perangkat lunak berbahaya seperti ransomware , Trojan Horse Virus, Worm Virus. Virus komputer, seperti jenis malware lainnya, dibuat oleh penyerang dengan tujuan merusak dan membajak komputer Kita. Tidak peduli seberapa hati-hati dan sadar Kita melindungi dari virus komputer, Kita dapat menginfeksi komputer Kita dengan virus bahkan dari tempat yang tidak dapat Kita tebak dari mana asalnya. Sebelum penggunaan Internet belum meluas, virus dapat menyebar ke komputer Kita dan dari sana ke komputer lain, biasanya dari disk yang terinfeksi. Di zaman modern, ini bisa dari musik/foto yang dibagikan dengan Kita, email, game yang diunduh, program, aplikasi, atau mengunjungi situs web yang terinfeksi.

Bagaimana Cara Virus Menginfeksi Komputer?

Proses infeksi biasanya terjadi ketika pengguna secara sukarela atau tidak sadar menjalankan program yang terinfeksi atau terdapat virus komputer.

Setelah menjalankan program yang mengandung virus komputer, virus ini pun bisa pindah ke memori komputer.

Pada titik ini, virus dengan cepat menginfeksi aplikasi lain di komputer dan menyebarkan kode berbahayanya sebanyak mungkin.

Virus boot yang menginfeksi bagian floppy boot komputer menggunakan teknik yang sangat berbahaya pada tahap ini dan memasukkan kodenya ke dalam boot, sehingga komputer tidak mungkin beroperasi secara normal.

Virus komputer bisa memuat dirinya masuk ke dalam memori komputer setelah mencapai host dan menginfeksi setiap program yang dijalankan.

Virus ini dapat mencapai perangkat lunak sistem dan menyalin, menghapus, atau mengenkripsi data. Virus komputer membuat program yang mereka infeksi tidak dapat dioperasikan baik secara instan atau seiring waktu.

Sejarah Singkat Virus Komputer

Virus komputer pertama yang diterima secara umum dikenal sebagai “Creeper”. Virus ini dikembangkan pada tahun 1971 oleh seorang insinyur di BBN bernama Robert Thomas .

Program percobaan oleh Thomas ini bukanlah perangkat lunak berbahaya. Satu-satunya efek yang dimilikinya adalah, Mainframe yang terinfeksi virus akan memunculkan tulisan di layar “I’m the creeper, catch me if you can!”

Virus komputer lain “Elk Cloner” dikembangkan pada tahun 1982 oleh seorang remaja berusia 15 tahun bernama Richard Skenta.

Skenta mengembangkan virus ini untuk komputer dengan sistem operasi DOS 3.3 pada Apple II. Tujuannya bukan untuk merusak sistem, tetapi untuk membuat lelucon. Itu sebabnya dia mengirim puisi ke layar mereka setiap boot ke-50 dari komputer yang terinfeksi.

Bagaimana Cara Melindungi Komputer dari Virus Komputer?

Beberapa virus komputer bahkan dapat menyebabkan penghapusan total program Kita, ketidakmampuan untuk mengakses file Kita, dan bahkan sistem crash Kita.

Jika Kita mengalami kehilangan data, penurunan kinerja, dan komputer sering mogok di komputer Kita yang tidak Kita ketahui alasannya, Kita mungkin telah menginfeksi komputer Kita dengan virus.

Tentu saja, ada banyak metode untuk mencegah komputer Kita terkena virus. Program anti-virus dan perangkat lunak anti-spyware dapat membantu Kita dalam hal ini.

Selain itu, Kita mungkin mendapat manfaat dalam hal ini dengan menjaga agar sistem operasi Kita selalu mutakhir, memperkuat pengaturan keamanan browser Kita, dan mengunduh perangkat lunak hanya dari situs tepercaya.

Kita mungkin juga disarankan untuk tidak membuka email dari alamat yang tidak Kita ketahui dan menghapus email spam Kita. Karena bahkan email sederhana yang dikirim mungkin berisi perangkat lunak berbahaya.

Jika tindakan ini dilakukan secara tidak sadar, aplikasi yang terinfeksi akan dieksekusi dan virus akan dimuat ke dalam memori CPU Kita.

Dengan demikian, virus komputer menginfeksi aplikasi Kita yang lain dan menyebarkan kode malware ke mana pun dapat dijangkau.

Selanjutnya Virus ini dapat memindai kredensial bank Kita, juga bisa memantau dan merekam gerakan kunci Kita untuk mencuri kata sandi Kita.

Virus komputer juga bisa mengunci file sehingga file tersebut terenskripsi alias tidak bisa dibuka.

Mereka mungkin meminta Kita untuk membayar tebusan/ bitcoin sehingga kita dapat mendekripsi data Kita dan mendapatkannya kembali .

Meskipun ada program anti-virus gratis yang tersedia, Kita memerlukan perlindungan yang kital dan terkini untuk menghindari situasi seperti itu.

Program anti-virus adalah program pelindung yang memberikan perlindungan terhadap virus dan menyediakan pekerjaan pemulihan dan pembersihan. Program-program ini mendeteksi virus di komputer Kita dan melakukan proses karantina dan penghapusan.

Apa Saja Jenis-Jenis Virus Komputer?

Virus Boot

Virus ini sering muncul melalui penggunaan USB atau floppy disk yang terinfeksi dan mengambil alih komputer Kita. Itu juga dapat mempengaruhi media fisik lain yang masuk ke komputer. Pada saat yang sama, lampiran dalam email Kita mungkin berisi virus boot.

Meskipun ini bukan virus yang sangat umum dibandingkan dengan masa lalu, tidak dapat dikatakan bahwa itu benar-benar hilang.

Virus Peramban

Virus browser dapat membajak fungsi browser web di komputer Kita dan secara otomatis mengarahkan Kita ke situs web lain. Tujuan utama dari virus ini adalah untuk mengarahkan Kita ke situs web yang tidak diinginkan dan mendapatkan uang melalui iklan. Ini adalah jenis virus yang digambarkan cukup mengganggu karena sangat sulit untuk dihilangkan.

Virus Skrip Web

Jenis virus ini juga merupakan jenis virus yang terkait dengan situs web, seperti virus browser. Ini menggunakan kode browser web dan halaman web Kita untuk menghasilkan halaman web yang berbeda dari yang sekarang. Situasi seperti itu mungkin merupakan indikasi bahwa Kita sedang berhadapan dengan virus ini.

Virus Residen

Virus residen adalah definisi umum untuk virus yang memasukkan dirinya ke dalam memori sistem komputer. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa mereka adalah virus yang menyimpan dirinya dalam memori.

Virus Makro

Virus ini biasanya disebarkan melalui lampiran email atau terdiri dari kode berbahaya yang tertanam dalam dokumen dan aplikasi perangkat lunak. Penyebaran virus makro sangat tinggi.

Virus Concept dan Melissa Macro umumnya dikenal sebagai strain. Virus konsep adalah virus makro pertama yang menargetkan program Microsoft Word pada tahun 1995. Melissa Virus, di sisi lain, adalah worm email pertama yang menyebar melalui lampiran email pada tahun 1996. Ini adalah virus makro.

Virus Polimorfik

Polymorphic Virus, yang secara harfiah berarti polimorfik, adalah virus yang bervariasi pada komputer dan terus-menerus mengubah kode file yang ada di dalamnya. Sebagian besar mencoba cara ini untuk menghindari program atau pengguna antivirus. Oleh karena itu, dapat dengan mudah disembunyikan dari program anti-virus yang hanya memeriksa tkita tangan file.

Dengan menggunakan perangkat lunak perlindungan virus komputer, Kita dapat melindungi komputer Kita dari virus dan menghapusnya.

Kita dapat melindungi diri dari situasi ini dengan menjaga agar sistem operasi di komputer Kita selalu mutakhir.

Virus komputer adalah sistem yang dirancang oleh penyerang jahat yang ingin mengakses dan menggunakan data Kita atau mengancam Kita untuk menghasilkan uang. Menggunakan program anti-virus yang kuat dan kital dapat melindungi komputer Kita dari ancaman virus.