Halloween party ideas 2015


 Karena dari awal sudah punya niat untuk meneruskan S3 di Turki, jauh-jauh hari sebelum apply beasiswa saya sudah belajar bahasa Turki.

Alhamdulillah hasil belajar di rumah otodidak ternyata tidak sia-sia. Saat wawancara beasiswa sedikit-dikit pakai bahasa Turki.
Di makam Jalaluddin Ar-Rumi
Sampai di asrama Turki sama pengelola asrama disambut hangat dan dikenalkan ke banyak siswa karena sudah punya bekal bahasa Turki.

Dan saat belajar di kelas bahasa Turki juga bisa lebih mudah dalam memahami materi, dimana hoca (guru) nya tidak bisa bahasa Inggris Bagi kalian yang ingin belajar materi bahasa Turki silahkan baca disini: Belajar Bahasa Turki Pengantar Bahasa Indonesia 

Di rumah saya belajar bahasa Turki intensif selama 8 bulanan. Sisanya jalan-jalan, kadang serius kadang tidak.

Selain bahasa Turki juga konsen ke bahasa Arab speaking dan listeningnya. Juga bahasa Inggris, tapi penekanannya ke Toeflnya.

Semuanya memang saya niatkan untuk dapat melanjutkan S3 jalur beasiswa. Kata teman-teman sekelas saya termasuk tipe orang yang mudah belajar bahasa.

Padahal aslinya ndak juga. Hanya kegigihan saja yang membedakan mungkin.

Banyak juga waktu yang saya gunakan untuk belajar bahasa Turki ini sehingga hasilnya pun lumayan lah. Saya bagi-bagi pengalaman disini, mungkin saja dapat membawa manfaat bagi para pembaca.

Mungkin pengalaman saya ini juga bisa diterapkan dalam mempelajari bahasa lain.

Langkah 1: Menghafal 1000 Common Vocabularies

Kalau ingin belajar bahasa secara cepat, maka hafalkanlah kata yang sering digunakan, atau diistilahkan dengan common vocabularies.

Setiap bahasa punya ribuan, bahkan mungkin jutaan kosa-kata (Bahasa inggris mencapai 1.022.000 kosakata.

Namun, tidak semua kata itu digunakan dalam percakapan umum. untuk bisa bercakap-cakap dengan bahasa itu pada level sederhana, hanya dibutuhkan 1000-2000 kosakata saja.

Itulah mengapa saya memilih untuk menghafal 1000 kosakata itu, dan nyatanya memang bisa belajar secara cepat.

Saya sangat merasakan bahwa dengan menghafal kosakata ini, saya bisa dengan mudah belajar bahasa karena tinggal merangkai kata dan mempelajari penggunaan kata itu.

Bagaimana Cara Menghafal 1000 Common Vocabularies ini? Sebelum berbicara caranya, saya telah memposting 1000 kosakata umum bahasa Turki ini yang bisa anda akses pada halaman ini: 1000 Kosakata Bahasa Turki Paling Umum Dipakai Lengkap dan cara membacanya

Catatan sedikit: kosakata pada halaman yang bisa anda akses pada link di atas ini masih saya teliti-teliti lagi, jadi masih ada yang salah disana, namun sesuai dengan waktu akan menjadi postingan yang sangat membantu anda dalam belajar bahasa Turki otodidak.

Cara menghafalnya jangan terlalu dipaksakan, tinggal baca-baca terus dan dipraktekkan lama kelamaan akan bisa menghafal.

Ingat, yang penting adalah praktek karena dengan praktek menghafal jadi lebih mudah.

Ada banyak cara lain untuk menghafal perbendaharaan kata itu, namun yang paling bagus menurut saya adalah dengan menggunakan aplikasi Memrise.

Aplikasi ini bisa dioperasikan melalui Android, IPhone atau Laptop. Penasaran? cek langsung disini www.memrise.com.
Pengalaman Belajar Bahasa Turki Otodidak : Memanfaatkan aplikasi memrise
Jujur saya jatuh cinta sama aplikasi ini karena menurut saya paling mudah dan efisien untuk menghafal vocab.

Selain itu, pilihan untuk materinya pun juga sangat banyak dan ada level-levelnya. Jadi belajar bahasa Turki secara otodidak pun semakin menyenangkan. [next]

Langkah 2: Pelajari Grammar Umum

Menguasai bahasa tidak cukup hanya dengan menghafal vocabulary. Begitupula dalam usaha belajar bahasa Turki secara otodidak, maka kita perlu untuk memperkuat kemampuan bahasa dengan grammar.

 Oleh karenanya, cara berikutnya adalah dengan menguasai tata bahasa.

Ada banyak sekali sumber yang bisa digunakana untuk mempelajari bahasa Turki. di Internet sangat banyak.

Namun dari sumber buku, menurut saya yang bagus dan mudah dicerna adalah Teach Yourself karangan Pak Polard. Berikut ini adalah penampakan sampulnya.
Pengantarnya pakai bahasa Inggris. Karena memang saya lebih nyaman pakai bahasa Inggris. Untuk bahasa Indonesai mungkin bisa pakai Merhaba Turkce, ini tampilannya.
Kalau pembaca ada yang pernah baca atau punya bukunya bisa sharing di kolom komentar ya.

Langkah 3: Perbanyak Listening

Listening untuk belajar bahasa Turki secara otodidak ini penting sekali untuk membiasakan telinga kita pada kata-kata bahasa Turki dan bagaimana cara penuturannya.

Hal ini juga karena saya pakai metode AJ Hoge dalam belajar bahasa.

Jangan belajar menggunakan mata, tetapi belajarlah dengan telinga. Artinya belajar bahasa adalah belajar untuk memahami dengan pendengaran dan mencoba menangkap kata-kata dengan telinga. 

Hal ini penting karena memang seringkali kata yang tertulis akan beda dengan ucapan.

Bahasa Turki memang tidak seperti bahasa Inggris yang banyak bohongnya (hehehe), tetapi dalam banyak tempat memang ada kata-kata yang tidak sama dengan tulisannya, contoh "plaj" yang artinya pantai. kata itu dibaca "pilaj".

Ada juga "öğretmen" yang berarti guru, disana walaupun pakai "men" tetapi ternyata dibaca "man" atau paling tidak kedengarannya "man".

 Untuk listening sumbernya sangat banyak. Saya cukup sering pakai TurkishClass101, di Youtube banyak. https://www.youtube.com/user/TurkishClass101 
[next]

Langkah 4: Cari Teman Turki sebanyak-banyaknya. 

Prinsip yang saya pegang selama ini adalah belajarlah bahasa sebisa mungkin dari sumber aslinya. Ketika saya mulai belajar saya banyak mencari teman dari Turki.

Ada banyak cara yang saya lakukan, di antaranya: Buat Grup Whatsapp Saking pengennya bisa bahasa Turki saya sampai buat grup bahasa Turki dan mengundang orang Turki asli sebagai tutornya.

Sampai blog ini ditulis, grup itu masih ada walaupun awalnya dihapus karena ada konflik internal (gara-gara ada orang Turki yang jadi tutor sewot), sekarang buat yang baru lagi. peminatnya cukup banyak.

Gunakan Language Exchange

Language exchange adalah situs yang mempertemukan orang-orang yang ingin belajar bahasa lain. misalnya orang Indo yang ingin bisa bahasa Jepang akan dipertemukan dengan orang Jepang yang ingin belajar bahasa Indo. Ada banyak language exchange di internet.

Tinggal ketik aja di Mbah Google, language exchange. Di antaranya adalah: 1. Livemocha.com, namun sudah diganti dengan hellolingo.com 2. Italki.com, tapi bayar kalau pakai tutor 3. gospeaky.com, ini sering pakai Cari saja teman-teman Turki yang tertarik untuk mau mengajari bahasa Turki.

 Cari teman via Skype Terimakasih Skype. yang satu ini cukup berpengaruh. saya mencari teman yang mau praktik bahasa Inggris, terutama orang-orang Turki. dengan bercakap-cakap inilah fungsi bahasa yang nyata bisa dirasakan.

Langkah 5 Paling Penting: Nekat dan Berani 

Jangan takut salah dalam belajar bahasa. Sukur njeplak saja (asal ceplos saja), jangan malu dan takut salah. Namanya belajar salah wajar.

Semakin banyak salah itu memperlihatkan kita banyak belajar. Yang ndak pernah salah berarti ndak pernah belajar.

Sekagok (kaku) apapun kita ngomong, tinggal ngomong saja. Nyantai saja, lama-lama juga lancar sendiri.

 Peringata! Hal-hal yang Menurut Saya Perlu Hindari dalam belajar Bahasa Turki Kenapa harus menghindari? Karena buang-buang waktu dan tidak efisien. Di antaranya adalah: 

Menggunakan Duolingo. 

Aplikasi ini memang bagus, mengajari orang untuk menyusun kalimat dalam bahasa yang dipelajari. namun setelah menyelesaikan level jangan harap bisa berbahasa Turki.

Konsepnya pun belum jelas dan hanya menghafal kata-kata sederhana yang hasilnya sangat minim untuk benar-benar dapat digunakan untuk praktik.

Terlalu berkutat pada Grammar

Grammar memang penting, namun jangan sampai fokus pada grammar malah tidak jadi berbahasa.

Metode fokus grammar ini sudah banyak dikritik karena hasil dari belajar bahasa kurang memuaskan. Misalnya AJ. Hoge yang menentang keras dalam mempelajari grammar.

Namun menurut saya belajar grammar penting, asal jangan terlalu fokus pada grammar yang mengakibatkan aspek lainnya tak tersentuh. Paparan di atas adalah pengalaman saya pribadi.

Mungkin saja para pembaca memiliki pengalaman berbeda dalam belajar bahasa. Berikut ini adalah materi dan tulisan untuk pengetahuan serta belajar bahasa Turki yang bisa sobat gunakan untuk belajar bahasa Turki secara otodidak. Materi Belajar Bahasa Turki Dengan Pengantar Bahasa Indonesia
Setiap waktu materi ini akan ditambah dan diupdate InsyaAllah. Itulah sedikit pengalaman saya mengenai pengalaman belajar bahasa Turki secara otodidak atau belajar bahasa Turki sendiri. Jika ada pertanyaan silahkan mengirim pertanyaan di kolom komentar. 


Powered by Blogger.