Halloween party ideas 2015


Tinggal di Negara Turki bisa dibilang merupakan sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi saya. Bisa bertemu dengan orang-orang dengan kultur yang berbeda. Menjelajahi wilayah yang penuh dengan rona sejarah di masa lampau.
Negara Turki punya banyak keunikan yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Salah satu cara terbaik untuk bisa memahami keunikan tersebut adalah dengan mengunjungi negara Turki itu sendiri.

Sebut saja salah satunya adalah kota Istanbul. Kota yang dijuluki sebagai Ibu Kota dunia ini terletak di selat Bosporus, pertemuan antara benua Asia dan Eropa. Sehingga disebut dengan wilayah Eurasia. Kota ini telah menjadi Ibu Kota berbagai imperium besar di masa lampau, seperti Turki Usmani, Bizantium, Latin dan Romawi.


Bahkan si panglima Perancis yang berjuluk le Petit Caporal, Napoleon Bonaparte itu pernah mengatakan, "Jika dunia ini satu negara, maka Ibukotanya adalah Istanbul." Mantap Jiwa kan. Bagi pembaca yang belum pernah ke Turki, saya doakan bisa mampir atau jalan-jalan kesini dan mengunjungi kota Istanbul. Saya sarankan kalau datang ke Istanbul supaya mengunjungi tempat ini: Ini Dia Tempat-tempat “Waw” yang Harus Dikunjungi Saat Liburan Ke Istanbul Tempat Wisata Istanbul Saya bisa jamin jalan-jalan anda di Turki bakal mengukir pengalaman indah saat di Turki.

Belum lagi ditambah keunikan dan keindahan pesona kultur lainnya, misalnya eskrim Turki, kebab Turki, kopi Turki dan lain sebagainya.

Pengalaman Tinggal di Turki

Kali ini saya hendak berbagi pengalaman tentang tinggal di Turki. Saat saya menulis artikel ini, saya sudah hampir 3 tahun tinggal di Turki. Bisa dibilang sudah merasakan manis dan pahit selama menjalani hari demi hari di daerah yang berjuluk Asia Minor ini.

Saya tinggal di kota Konya Turki, sebuah provinsi yang terletak di daratan Anatolia. Di kota ini disebut-sebut terdapat sebuah kota kuno yang menjadi kota tertua di dunia, berada di daerah Çatalhöyük. Kota ini juga merupakan provinsi paling luas di Turki.

Kota ini juga menjadi kota pertanian terbesar di Turki yang artinya menjadi pemasok gandum terbesar bagi negara Turki. Juga menjadi pemasok utama bunga Tulip, dimana pada musim Tulip, berbagai bunga Tulip yang ada di berbagai kota Turki salah satunya dipasok dari Konya.

Kota ini juga menjadi Ibukota Kerajaan Selcuk Barat, dimana pada masanya telah memperoleh masa kejayaan yang agung. Hingga kini peninggalannya pun masih bisa dinikmati, misalnya museum Ince Minare yang bisa anda baca disini: Jalan-jalan Ke Turki Menelusuri Jejak Kerajaan Seljuk di Turki: Mengunjungi Museum Madrasah Ince Minare

Salah satu ulama sufi yang termasyhur seantero neger, Syeikh Jalaluddin Ar-Rumi pun makamnya berada di Konya Turki ini. Setiap hari makam beliau seakan penuh dengan pengunjung dari berbagai dunia, termasuk dari Indonesia. Keistimewaan kota Konya Turki ini semakin memerindah pengalaman saya bersama keluarga selama tinggal di Turki.

Orang Turki Yang Ramah

Salah satu hal yang menjadikan pengalaman tinggal di Turki semakin menyenangkan adalah orang-orang Turki yang sangat ramah. Mereka akan kaget ketika kita ditanya, asalanya darimana, dan kita menjawab dari Indonesia. Biasanya mereka akan mengajak ngobrol lebih lanjut jika tempatnya mendukung, seperti di taman atau di kendaraan umum.

Untuk tulisan lebih lengkap mengenai keramahan orang Turki bisa dibaca disini: Orang Turki itu Ramah dan Memiliki Sikap Ramah dan Suka Membantu. Bahkan kepada Orang yang Baru Dikenal

Terkadang saat di bus mereka bakalan ngasih sesuatu ke anak kecil, entah permen, cokelat atau uang. Saat shalat jamaah selesai pun anak kecil biasa dikasih uang. Untuk jajan katanya.
Terkadang orang Turki juga pengen tahu alias penasaran dengan kita orang asing, sehingga terkadang mereka yang pertama menyapa. 

Lumayan sering juga saya dan keluarga diajak bersua foto karena memang kita orang asing, turis atau bule lah istilahnya. Jadi artis dadakan.

Kota Turki Super Aman

Yang paling penting dari tempat tinggal adalah keamanan. Bagaimana pun keadaannya, indahnya kota, banyaknya upah, tak akan berarti jika kotanya tidak aman, iya kan. 

Hal inilah yang saya rasakan selama tinggal di Konya. Kota ini super aman, baik dari bencana maupun kriminal. Anda bisa bebas menaruh dompet dibagian saku manasaja. Tas dengan bebas ditaruh di punggung saat tidak kebagian tempat duduk di kendaraan umum. 

Belanja online juga terjamin, ada bagian pengembalian. Bisa bayar ditempat. Si penerima tidak akan menerima barang kecuali menunjukkan KTP. Dan KTP sudah satu nomor atau single identity. Tidak ada yang namanya KTP dobel. Nomor dalam KTP mencakup semuanya, BPJS, asuransi, dan lain sebagainya.

Perempuan bebas bepergian malam hari bahkan sendirian. Anak-anak ramai berkeliaran siang hari bahkan tanpa dibarengi orang tuanya. Intinya satu, keamanan terjaga, maka semua akan senang. Hal inilah yang menjadikan pengalaman tinggal di Turki menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Sarana Fasilitas Yang Lengkap

Sarana yang lengkap menjadikan warganya termanjakan. Setiap lokasi pasti ditemukan taman yang sejuk dan berumput hijau dengan mainan anak-anak dan sarana olahraga. Ada juga toilet gratis di pusat kota. 

Sarana transportasi sangat lengkap dan mengjangkau setiap sudut kota. Satu kali bayar pakai kartu maka bisa turun sejauh tujuan yang dikehendaki. Ada juga fasilitas air bersih untuk minum, yang biasa disebut tatli suyu atau air manis. Bisa ditemukan di beberapa sudut tempat tinggal.


Powered by Blogger.